KENAKALAN REMAJA DI PERKOTAAN (STUDI TENTANG HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL ANTARTEMAN SEBAYA DAN KONTROL SOSIAL SEKOLAH DI SMPN TERBUKA SURABAYA)

Rizky Putranto, 071211433035 (2016) KENAKALAN REMAJA DI PERKOTAAN (STUDI TENTANG HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL ANTARTEMAN SEBAYA DAN KONTROL SOSIAL SEKOLAH DI SMPN TERBUKA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.35-16 Put k-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-min.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai kasus kenakalan pelajar telah mencoreng dunia pendidikan khususnya siswa SMP Terbuka. SMP Terbuka sebagai salah satu inovasi pendidikan dalam menempuh wajib belajar sembilan tahun khususnya bagi siswa yang memiliki status sosial ekonomi menengah ke bawah. Tetapi, berbagai kenakalan siswa menunjukkan kendala dalam proses pembelajarannya karena lingkungan sekitar dapat mempengaruhi perubahan perilaku siswa, seperti teman sebaya, sekolah, dan lainnya. Studi ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas interaksi sosial antarteman sebaya terhadap tingkat kenakalan siswa; hubungan antara kekuatan kontrol sosial sekolah terhadap tingkat kenakalan; hubungan antara intensitas interaksi sosial antarteman sebaya dan kekuatan kontrol sosial sekolah terhadap tingkat kenakalan siswa SMPN Terbuka di Surabaya. Teori asosiasi diferensial dari Edwin H. Sutherland dan Social Bonds Travis Hirschi sebagai teori yang mendukung persoalan pada studi ini. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian eksplanatif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang didukung oleh wawancara mendalam dari guru dan survey di kelas. Jumlah sampel yang digunakan pada studi ini sebesar 97 siswa dan dilaksanakan pada tiga sekolah terbuka, yaitu SMPNT 12, SMPNT 18, dan SMPNT 19. Teknik pengambilan sampel data dengan cara multistage sampling. Teknik analisis data menggunakan product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara intensitas interaksi sosial antarteman sebaya; terhadap tingkat kenakalan siswa; hubungan antara kekuatan kontrol sosial sekolah terhadap tingkat kenakalan; hubungan antara intensitas interaksi sosial antarteman sebaya dan kekuatan kontrol sosial sekolah terhadap tingkat kenakalan siswa SMPN Terbuka di Surabaya. Proses pembelajaran dalam interaksi dengan teman sebaya dan ikatan sosial pada pihak sekolah menyebabkan kenakalan siswa SMPN Terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.35/16 Put k
Uncontrolled Keywords: kenakalan, lingkungan sekitar, interaksi sosial, kontrol sosial, proses pembelajaran, ikatan sosial,
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rizky Putranto, 071211433035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTuti Budirahayu, Dr., Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:46
Last Modified: 08 Jun 2017 17:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41287
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item