SEMANGGI SEBAGAI IDENTITAS KOLEKTIF MASYARAKAT KOTA SURABAYA

DYAH DWI SETYOWATI, 071211432005 (2016) SEMANGGI SEBAGAI IDENTITAS KOLEKTIF MASYARAKAT KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.36-16 Set s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang semanggi sebagai identitas kolektif masyarakat Kota Surabaya, masihkah dikenal oleh remajanya yang kini mulai meninggalkan makanan tradisional dan beralih kepada fast food. Makanan tradisional seperti pecel semanggi yang mencerminkan identitas masyarakat Kota Surabaya, kini keberadaanya mulai terancam akibat menjamurnya gerai makanan cepat saji. Makanan cepat saji adalah hasil dari globalisasi yang merambah hingga negara ketiga seperti Indonesia. Dalam mengkaji permasalahan lunturnya kebanggaan remaja Surabaya terhadap makanan tradisional yang menjadi identitas kolektif masyarakatnya, peneliti menggunakan teori konstruksi sosial Peter Berger dan didukung dengan teori Mcdonalisasi George Ritzer. Penelitian ini memilih remaja Kota Surabaya sebagai informan yang memahami tentang lunturnya semanggi sebagai identitas kolektif masyarakatnya. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa remaja tertarik mengkonsumsi fast food karena mereka ingin terlihat gaul dan tidak ingin ketinggalan tren yang sedang hangat di masyarakat. Selain itu, pengetahuan remaja tentang semanggi hanya sebatas bahan dan bentuk penyajian saja. Keadaan tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya bakul semanggi gendong enggan menjajakan dagangannya secara berkeliling. Kurangnya inovasi pada pecel semanggi mengurangi minat remaja untuk mengkonsumsi kuliner khas Surabaya. Peran orang tua dan sosial media untuk mengenalkan pecel semanggi kepada remaja diharapkan mampu menyadarkan remaja bahwa makanan tradisional yang menjadi ikon dari Kota Surabaya harus dilestarikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.36/16 Set s
Uncontrolled Keywords: Pecel Semanggi, fast food, Remaja, Identitas Kolektif
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DYAH DWI SETYOWATI, 071211432005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSutinah, Dr., Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 30 Aug 2016 07:52
Last Modified: 30 Aug 2016 07:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41289
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item