IDENTITAS SOSIAL JERSEY SEPAK BOLA DALAM SURABAYA JERSEY COMMUNITY

MUHAMMAD AULIYAUL K, 071211432006 (2016) IDENTITAS SOSIAL JERSEY SEPAK BOLA DALAM SURABAYA JERSEY COMMUNITY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.40-16 Muh i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jersey bola merupakan seragam dari sebuah klub atau tim nasional sepak bola. Merebaknya jersey bola mengakibatkan komoditi ini menjadi layak untuk dikoleksi. Namun, sebagian orang menganggap bahwa perilaku kolektor hanya tindakan yang membuang waktu, uang, dan tenaga. Di sisi lain, perilaku mereka menumbuhkan terciptanya komunitas-komunitas jersey bola. Kolektor jersey bola membentuk sebuah komunitas bernama Surabaya Jersey Community (SJC). Komunitas tersebut untuk mewadahi kolektor jersey bola di Surabaya. Penelitian ini memfokuskan pada Surabaya Jersey Community dalam menginteraksikan simbol-simbol antar kolektor dan bagaimana kolektor memaknai kepemilikan jersey bola dalam berinteraksi di Surabaya Jersey Community. Teori yang digunakan untuk menganalisa permasalahan penelitian ini adalah teori interaksionime simbolik dari George H. Mead dan Herbert Blumer. Informan dalam penelitian ini adalah tujuh kolektor yang tergabung dalam komunitas Surabaya Jersey Community, meliputi: ketua, bendahara, dan lima anggota. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi di lapangan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) Kolektor membentuk simbol-simbol jersey bola melalui proses interaksi sosial. Interaksi sosial berlangsung melalui dua jenis, yaitu interaksi sosial di dunia maya (online) dan pertemuan (offline). (2) Proses interaksi sosial menghasilkan empat jenis makna kepemilikan jersey bola, yaitu: makna sebagai identitas, makna sebagai fungsional, makna sebagai sejarah/memorabilia, dan makna sebagai ekonomis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.40/16 Muh i
Uncontrolled Keywords: identitas sosial, jersey sepak bola, Surabaya Jersey Community
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
MUHAMMAD AULIYAUL K, 071211432006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBenny Soembodo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 30 Aug 2016 08:34
Last Modified: 30 Aug 2016 08:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41293
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item