PEMANFAATAN DANA PENSIUN DINI UNTUK BERTAHAN HIDUP DI KALANGAN BURUH PT. GUDANG GARAM KEDIRI

Siti Saidatul Azizah, 071211431102 (2016) PEMANFAATAN DANA PENSIUN DINI UNTUK BERTAHAN HIDUP DI KALANGAN BURUH PT. GUDANG GARAM KEDIRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.41-16 Azi p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pensiun berarti seseorang harus berhenti dari pekerjaannya ketika berusia 55 tahun. Pensiun dini yaitu berhenti bekerja sebelum masa pensiun tiba. Progam ini ditawarkan kepada buruhnya yang berusia di atas 40 tahun dengan uang pesangon 10 kali lipat gajinya dan mendapatkan bantuan jaminan kesehatan BPJS hingga usia 55 tahun. Oleh sebab itu, penelitian ini mengkaji tentang bagaimana pemanfaatan dana pensiun dini dan upaya yang dilakukan untuk bertahan hidup di kalangan buruh PT. Gudang Garam Kediri. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif tentang tindakan sosial pensiunan dini karyawan PT. Gudang Garam di Kediri yang menggunakan Teori Tindakan Sosial dari Max Weber yaitu tindakan rasionalitas instrumental, tindakan rasionalitas nilai, tindakan afektual, dan tindakan tradisional. Pemilihan informan dilakukan dengan cara snow-ball dan menggunakan wawancara mendalam dan diperoleh informan sebanyak 5 yaitu karyawan PT. Gudang Garam yang pensiun dini. Berdasarkan hasil penelitian ini, tindakan yang dilakukan buruh telah mempertimbangkan pentingnya alat (uang pesangon, BPJS, dan kepemilikan harta benda) untuk memenuhi kebutuhan keluarganya baik untuk saat ini maupun akan datang. Pensiun dini membuat rasa kasih sayang dan perhatian di dalam keluarganya meningkat. Para buruh memanfaatkan dana pensiun dini untuk selametan dan bersedekah. Pensiunan ternyata ada yang memilih bekerja lagi dan ada yang tinggal di rumah saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.41/16 Azi p
Uncontrolled Keywords: tindakan sosial, pensiun dini, pensiunan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ1060-1064 Aged. Gerontology (Social aspects). Retirement
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Siti Saidatul Azizah, 071211431102UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Mas’udah, S.Sos,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 30 Aug 2016 08:40
Last Modified: 30 Aug 2016 08:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41294
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item