TINDAKAN SOSIAL PASANGAN SUAMI ISTRI NIKAH DIBAWAH UMUR DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA (Studi Kualitatif di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya)

Risma Sarasvita Iswandani, 07121143304 (2016) TINDAKAN SOSIAL PASANGAN SUAMI ISTRI NIKAH DIBAWAH UMUR DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA (Studi Kualitatif di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.43-16 Isw t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pernikahan dibawah umur tidak melahirkan kemaslahatan keluarga dan rumah tangga, karena pernikahan dibawah umur banyak berujung pada perceraian. Banyak di antara pasangan suami istri yang menikah dibawah umur yang sudah mulai goyah dalam mengarungi bahtera rumah tangga karena belum memiliki kesiapan dalam memahami arti dan hikmah pernikahan sehingga tidak mampu mencapai tujuan dari pernikahan yang diidam-idamkan. Banyak anak dibawah umur yang hanya siap untuk menikah dan tidak siap untuk mendirikan rumah tangga. Studi ini memfokuskan pada tindakan pasangan suami istri yang memilih menikah dibawah umur dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Paradigma yang digunakan penelitian ini adalah definisi sosial dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara mendalam. Lalau, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosil dari Max Weber. Kemudian, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive dimana infoman memiliki kriteria dalam penelitian ini. Sedangkan jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak sebelas orang yang terdiri dari informan kunci tiga orang dan informan subjek delapan orang. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain tindakan sosial pasangan suami istri yang menikah dibawah umur dalam beberapa aspek seperti sosial budaya, dan ekonomi. Aspek sosial budaya yaitu adanya budaya mayarakat sekitar yang mempengaruhi sehingga pernikahan dibawah umur dianggap sangat lazim untuk dilakukan. Aspek ekonomi yaitu adanya perubahan status ekonomi yang dirasakan oleh pasangan yang menikah dibawah umur yaitu yang dahulunya pas-pasan namun setelah menikah rezeki bertambah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.43/16 Isw t
Uncontrolled Keywords: Pernikahan Dibawah Umur, PASUTRI menikah dibawah umur, Rumah Tangga, Tindakan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Risma Sarasvita Iswandani, 07121143304UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSubagyo Adam, Prof. Dr., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 30 Aug 2016 08:54
Last Modified: 30 Aug 2016 08:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41296
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item