RESISTENSI SISWA DIFABEL TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMP NEGERI 4 WARU SIDOARJO

Rifqi Ramadhan P, 071211433020 (2016) RESISTENSI SISWA DIFABEL TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMP NEGERI 4 WARU SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (971kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.56-16 Rif r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu masalah yang kebanyakan muncul di berbagai sekolah adalah kasus bullying, kasus ini kebanyakan dialami oleh siswa difabel sering kali terjadi banyak kekerasan di lingkungan pendidikan hal tersebut dapat dilihat dari bercampurnya kelas murid berkebutuhan khusus (difabel) dengan siswa yang berkondisi baik fisik ataupun mental normal. Hal tersebut terdapat perilaku school bullying terhadap siswa berkebutuhan khusus. Sekolah seharusnya menjadi tempat yang nyaman bagi siswa untuk belajar. Bullying adalah bentuk perilaku agresif dimana seseorang dengan sengaja dan berulangkali menyebabkan orang lain cedera atau merasakan ketidaknyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan perlawanan siswa difabel (anak kebutuhan khusus) terhadap perilaku bullying di smp negeri 4 waru, penelitian ini di fokuskan pada Bagaimana bentuk tindakan bullying terhadap siswa berkebutuhan khusus (ABK) dan Bagaimana bentuk-bentuk perlawanan siswa berkebutuhan khusus (ABK) terhadap bullying yang dialaminy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan analisa deskriptif. Penelitian deskriptif digunakan untuk membantu peneliti mendeskripsikan subjek, latar belakang, situasi, lokasi penelitian smp negeri 4 waru dengan teknik pengelolahan data melalui reduksi data, analisis data kualitattif , penyajian data selanjutnya adalah penarikan kesimpulan data atau verifikasi data Hasil penelitian dari resistensi siswa difabel terhadap perilaku bullying yang menjadi korban bullying yakni bentuk tindakan bullying yang dialami oleh siswa difabel terhadap perilaku bullying adalah bentuk bullying berupa verbal dan non verbal. Dan untuk bentuk resistensi siswa difabel terhadap perilaku bullying berupa tipe undersosial dan tipe patologis. Sedangkan bentuk kontrol dari siswa difabel itu sendiri berupa tipe kontrol patologis. Jadi dalam hal ini menurut teori hubungan antar pribadi yang menjelaskan bahwa untuk menjalin suatu interaksi yang baik harus menjalin komunikasi yang lancar antara individu dengan individu yang mana dalam hal ini ialah siswa inklusi dengan siswa regular. Dengan proses interaksi tersebut dapat memebntuk ustau asosiasi yang harmonis antara siswa inklusi dan siswa regular, sehingga tindakan bullying bisa diminimalisir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.56/16 Rif r
Uncontrolled Keywords: resistensi, anak difabel bullying
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC4001-4806.5 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Rifqi Ramadhan P, 071211433020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:34
Last Modified: 31 Aug 2016 03:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41309
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item