KONSTRUKSI SOSIAL KHITAN PEREMPUAN BAGI MASYARAKAT MADURA DI SURABAYA (Studi Deskriptif pada Masyarakat Madura di Kecamatan Semampir, Surabaya)

DIAN HIKMAWATI, 071211432015 (2016) KONSTRUKSI SOSIAL KHITAN PEREMPUAN BAGI MASYARAKAT MADURA DI SURABAYA (Studi Deskriptif pada Masyarakat Madura di Kecamatan Semampir, Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.61-16 Hik k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Khitan perempuan merupakan praktik yang biasa dilakukan oleh masyarakat Madura di Surabaya. Masyarakat Madura tersebut melaksanakan praktik khitan perempuan didasarkan atas beberapa aspek. Dalam studi tentang khitan perempuan bagi Masyarakat di Surabaya ini, menfokuskan pada kajian konstruksi pemikiran masyarakat Madura mengenai praktik khitan perempuan. Studi tentang khitan perempuan ini menggunakan kerangka pemikiran dari Peter Berger dengan menganalisis data yang telah didapat melalui tiga proses dialektika momentum simultan: eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode snowball sampling dan tipe penelitian deskriptif. Hasil penelitian dari Konstruksi Sosial Khitan Perempuan bagi Masyarakat Madura di Surabaya ini meliputi: (1) khitan perempuan sebagai wujud identitas bagi masyarakat Madura, (2) praktik khitan perempuan sebagai warisan budaya leluhur, (3) masyarakat Madura tidak mendapatkan pengetahuan tentang khitan perempuan dari sumber yang akurat, dan (4) masyarakat Madura melaksanakan praktik khitan perempuan berdasarkan alasan tradisi dan tidak terkait langsung dengan teks keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.61/16 Hik k
Uncontrolled Keywords: konstruksi sosial, khitan perempuan dan masyarakat Madura
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
DIAN HIKMAWATI, 071211432015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerwanto, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:25
Last Modified: 31 Aug 2016 04:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41314
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item