AKSES DAN PELUANG DISABILITAS TERHADAP PEKERJAAN DI SEKTOR INDUSTRI RUMAH TANGGA

Grace Silviana Marthen, 071211431005 (2016) AKSES DAN PELUANG DISABILITAS TERHADAP PEKERJAAN DI SEKTOR INDUSTRI RUMAH TANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.compressed.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.63-16 Mar a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Disabilitas adalah sebutan bagi orang cacat. Kata ini sengaja dibuat oleh lembaga yang mengurus orang – orang cacat dengan tujuan untuk memperhalus kata – kata atau sebutan bagi seluruh penyandang cacat, istilah disabilitas didasarkan pada realita bahwa setiap manusia diciptakan berbeda, sehingga yang ada sebenarnya hanyalah sebuah perbedaan bukan kecacatan. Kata disabilitas diharapkan menjadi titik awal bagi para penyandang cacat untuk memperjuangkan kesetaraan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam hal ini akses dan peluang disabilitas terhadap pekerjaan di sektor industri rumah tangga menjadi pandangan yang penting dalam penelitian ini. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan penelitian ini adalah teori nilai tenaga kerja dari Karl Marx digunakan untuk menganalisis pandangan disabilitas dalam akses dan peluang pekerjaan. Informan dalam penelitian ini adalah tiga pekerja penyandang disabilitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan partisipasi langsung di lapangan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) akses pekerjaan disabilitas terhadap di sektor industri rumah tangga tergolong mudah (2) peluang pekerjaan disabilitas terhadap di sektor industri rumah tangga memiliki peluang kerja yang cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.63/16 Mar a
Uncontrolled Keywords: disabilitas, bekerja, sektor industri rumah tangga
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1551-3024 People with disabilities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Grace Silviana Marthen, 071211431005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.B Wirawan, Prof.Dr., Drs,SUUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:58
Last Modified: 31 Jul 2017 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41316
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item