MAKNA VISUAL PADA LATTE ART (ANALISIS VISUAL KARYA LATTE ART SEBAGAI MEDIA EKSPRESI BARISTA DI SURABAYA)

Rif’atul Qomariyah, 071211531061 (2016) MAKNA VISUAL PADA LATTE ART (ANALISIS VISUAL KARYA LATTE ART SEBAGAI MEDIA EKSPRESI BARISTA DI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.K.69-16 Qom m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian “Makna Visual pada Latte Art (Analisis Visual Karya Latte Art sebagai Media Ekspresi Barista di Surabaya)” bertujuan untuk mengetahui proses produksi makna oleh barista sebagai media ekspresinya serta untuk menganalisis Latte Art sebagai Urban Art yang keberadaannya berkembang menjadi Gaya Hidup (Lifestyle). Latte art merupakan salah satu visual product sebagai implementasi visual culture. Garapan seni latte art muncul seiring berkembangnya fragmen kehidupan dan kebudayaan kota alias urban culture yang berbasis trial & error serta mengusung spirit “freedom of expression”. Penelitian ini menggunakan visual methodology dengan sudut pandang site of production dimana peneliti menginterpretasi gambar dengan teori visual culture, consumer cultural, lifestyle. Sebagai urban art, latte art dibuat berdasarkan ekspresi baristanya. Feeling/mood dan emosi mempengaruhi pembuatan karya visual ini. Mood senang akan menghasilkan karya yang baik, begitu juga sebaliknya. Latar belakang pembuatan latte art tiap barista juga berbeda-beda, tergantung cultural customer yang melakukan pemesan. Barista lebih suka membuatkan latte art untuk wanita, dan tidak menggambar latte art untuk tipe customer cuek. Tapi setiap ada pesanan gambar dari consumer barista selalu bersedia membuatkan demi memenuhi lifestyle. Selain itu, karya latte tidak selalu tergantung pada manusianya, tapi juga alat pembuat foam susu untuk latte art berpengaruh terhadap hasil gambar latte art. Proses produksi makna latte art oleh barista bergantung pada emosi (feeling/mood/susana hati), consumer, dan kualitas produk. Karya latte art adalah upaya untuk menunjukkan ekspresi barista sebagai pembuatnya. Dengan kata lain ekspresi tersebut tertuang pada visual art yang keberadaannya dikonsumsi masyarakat urban sebagai gaya hidup (lifestyle).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.69/16 Qom m
Uncontrolled Keywords: Latte Art, Urban Art, Visual Culture, Lifestyle, Consumer Cultural
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Rif’atul Qomariyah, 071211531061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M. Med-KomUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 01 Sep 2016 07:01
Last Modified: 08 Jun 2017 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41325
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item