UPAYA BRAZIL UNTUK MEMPERTAHANKAN POSISI PRODUSEN TERBESAR DALAM PASAR KOPI GLOBAL

IKA DEVI HARDIANTI, 071211232011 (2016) UPAYA BRAZIL UNTUK MEMPERTAHANKAN POSISI PRODUSEN TERBESAR DALAM PASAR KOPI GLOBAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.HI.74-16 Har u-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hingga saat ini kopi masih menjadi primadona dalam perdagangan komoditas agrikultur global. Posisinya sebagai jenis minuman yang diterima secara universal lantas meningkatkan signifikansi kopi baik bagi negara produsen maupun konsumen. Brazil merupakan negara produsen kopi terbesar di dunia. Brazil menjadi kian menarik karena berhasil mempertahankan posisinya di tengah volatilitas pasar. Tantangan bagi Brazil tidak hanya datang dari sisi eksternal, tetapi juga internal. Pada akhir tahun 1980an terjadi perombakan dasar mekanisme perdagangan kopi dunia. Periode ini sekaligus merupakan masa-masa kritis bagi Brazil mengingat di saat yang sama Brazil mengubah haluan sistem perekomiannya. Kompetisi dalam produksi kopi pun semakin ketat dengan menguatnya tingkat produksi di negara-negara produsen lain. Masa-masa sulit ini berhasil dilalui oleh Brazil, terbukti dengan posisinya sebagai negara produsen kopi terbesar yang sampai saat ini belum tergantikan. Pertanyaan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh Brazil untuk mempertahankan posisinya sebagai produsen terbesar dalam pasar kopi global. Penelitian ini menjabarkan upaya yang dilakukan Brazil dengan menggunakan teori embedded liberalism dan konsep positioning. Penelitian ini lantas mengajukan dua argumentasi untuk menjawab pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Brazil berhasil menetapkan positioning pada citra negara dalam dimensi makro melalui promosi investasi dan interaksi dalam rezim internasional; (2) Brazil berhasil menetapkan positioning pada citra negara dalam dimensi mikro melalui product equity pada pengguna dan harga-kualitas. Jangkauan penelitian dimulai pada tahun 1989 dan berakhir pada tahun 2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI.74/16 Har u
Uncontrolled Keywords: Brazil, kopi, pasar kopi global, positioning, citra negara
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
IKA DEVI HARDIANTI, 071211232011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCitra Hennida, S.IP., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 02 Sep 2016 06:22
Last Modified: 08 Jun 2017 17:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41329
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item