KONSTRUKSI WACANA INTOLERANSI BERAGAMA DI INDONESIA: KAJIAN TERHADAP PANDANGAN EKSPATRIAT PERANCIS DAN AUSTRALIA DI BALI DAN SURABAYA

Luh Putu Savitaresta Primasaty Arnaya, 071211233038 (2016) KONSTRUKSI WACANA INTOLERANSI BERAGAMA DI INDONESIA: KAJIAN TERHADAP PANDANGAN EKSPATRIAT PERANCIS DAN AUSTRALIA DI BALI DAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.HI.75-16 Arn k-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan bagaimana konstruksi wacana yang berkembang di kalangan ekspatriat Perancis dan Australia mengenai intoleransi beragama yang terjadi di Indonesia. Hal ini menjadi problematik ketika melihat fakta bahwa citra Indonesia di dunia internasional yang dulunya dikenal sebagai negara dengan tingkat toleran agama yang tinggi menjadi terganggu oleh dua fenomena, yakni kekerasan terhadap agama minoritas dan kekerasan yang dilakukan oleh organisasi masyarakat yang mengatasnamakan agama. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, wacana yang berkembang diantara masyarakat Internasional memiliki urgensi tersendiri untuk dibahas. Oleh karena itu, penelitian ini mengeksplorasi pandangan ekspatriat Perancis dan Australia terkait dengan masalah intoleransi beragama di Indonesia sebagai representasi dari masyarakat internasional yang paling dekat dengan isu ini. Peneliti berargumen bahwa konstruksi wacana intoleransi beragama yang berkembang di kalangan ekspatriat Perancis dan Australia terkait dengan dua hal, yakni aspek historis dan relasi antara negara dan kelompok beragama. Wacana yang berkembang diantara kalangan ekspatriat Perancis dan Australia selanjutnya dibandingkan satu sama lain berdasarkan persamaan dan perbedaan untuk kemudian dianalisis dengan memperhatikan konstruksi diskursus yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI.75/16 Arn k
Uncontrolled Keywords: Diskursus, Wacana, Konstruksi, Agama, Ekspatriat, Intoleransi, Indonesia, Perancis, Australia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL410 Religions in Relation to One Another
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Luh Putu Savitaresta Primasaty Arnaya, 071211233038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Gede Wahyu Wicaksana, SIP., MSi., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 02 Sep 2016 06:26
Last Modified: 08 Jun 2017 18:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41330
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item