Peran Publik dalam Diplomasi: Penggunaan Diplomasi Basket dalam Hubungan Amerika Serikat-Cina

Triawan Lukman Pambudi, 071211233040 (2016) Peran Publik dalam Diplomasi: Penggunaan Diplomasi Basket dalam Hubungan Amerika Serikat-Cina. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.HI.76-16 Pam p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diplomasi olahraga merupakan sebuah praktik diplomasi yang menggunakan olahraga sebagai medianya, salah satunya adalah Diplomasi Basket. Diplomasi Basket juga terimplementasi dalam hubungan Amerika Serikat dan Cina. Lantas, keberhasilan Diplomasi Basket yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Cina dapat dilihat dari antusiasme masyarakat Cina yang tinggi terhadap implementasi Diplomasi Basket Amerika Serikat setelah masuknya pasar NBA ke Cina. Selain itu, gaya hidup barat seakan telah terserap oleh masyarakat muda di Cina hingga mereka meniru cara berpakaian dan style dari pemain-pemain basket idola mereka. Munculnya peningkatan kontribusi citizen diplomats seperti yang dilakukan oleh Yao Ming setelah berhasil masuk NBA pada tahun 2002 turut menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi. Adanya penggunaan Diplomasi Basket juga menyebabkan peningkatan partnership dan networking antara publik maupun pemerintah Amerika Serikat dan Cina. Tulisan ini akan membahas keberhasilan implementasi Diplomasi Basket dalam hubungan Amerika Serikat dan Cina dengan menggunakan teori diplomasi publik yang dikemukakan oleh Ivan Willis Rasmussen sebagai alat analisis guna membuktikan kebenaran tersebut berdasarkan indikator-indikator yang telah ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI.76/16 Pam p
Uncontrolled Keywords: Diplomasi Basket, Citizen Diplomats, NBA, Partnership & Networking
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Triawan Lukman Pambudi, 071211233040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSartika Soesilowati, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 02 Sep 2016 06:32
Last Modified: 02 Sep 2016 06:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41331
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item