DAMPAK PEMBERIAN BANTUAN KEMANUSIAAN NEGARA INDONESIA PADA JEPANG SAAT GEMPA TSUNAMI 2011

NOVI DIAN PRAMESWARI, 071112071 (2016) DAMPAK PEMBERIAN BANTUAN KEMANUSIAAN NEGARA INDONESIA PADA JEPANG SAAT GEMPA TSUNAMI 2011. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.HI.106-16 Pra d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia dan Jepang adalah negara sahabat yang memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat. Saat Indonesia terkena musibah, Jepang adalah negara pertama yang selalu memberi bantuannya baik materi maupun non materi. Dan sekarang pada tahun 2011, giliran Jepang yang mengalami musibah gempa Tsunami yang dahsyat. Sebagai negara sahabat, hal ini membuat Indonesia tergerak hati untuk membantu Jepang. Bantuan kemanusiaan pun diberikan Indonesia untuk Jepang baik materi maupun non materi. Namun tentu hal tersebut digunakan Indonesia untuk dapat menarik simpati Jepang agar nantinya Jepang dapat lebih meningkatkan hubungan diplomatiknya dengan Indonesia. Permasalahannya disini adalah, Indonesia adalah negara yang perekonomiannya jauh dibawah Jepang, namun dengan kondisi seperti itu, Indonesia tetap memberikan bantuan kemanusiaannya untuk Jepang. Tentu hal ini menimbulkan pertanyaan besar apakah sebenarnya tujuan yang melatar belakangi Indonesia dalam memberikan bantuan ini. Dengan menggunakan teori Humanitarian Aid dan teori Soft Power Currencies penulis mencoba menjelaskan bahwa dalam memberikan bantuan kemanusiaan tidak hanya dapat dilakukan oleh negara maju ke negara berkembang atau negara miskin saja. Tetapi, jika sudah berbicara masalah kemanusiaan semua dapat memberikan bantuan, entah itu bantuan berasal dari negara miskin atau berkembang ke negara maju. Karena hal ini bersifat sukarela dan tidak memaksa, semua berdasar atas dasar nilai kemanusiaan. Dari sini juga dapat dijelaskan bahwa dalam pemberian bantuan neagara Indonesia ini ada beberapa dampak yang diterima Indonesia sebagai upaya timbal balik dari Jepang yakni ingin lebih meningkatkan derajat hubungan baik dengan Jepang sehingga nantinya Jepang dapat meningkatkan nilai investasi dan meningkatkan diplomasi budaya dengan Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI.55/16 Pra d
Uncontrolled Keywords: Indonesia, Jepang, Bencana Alam, Humanitarian Aid, Soft Power
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy > JZ1464-2060 Scope of international relations with regard to countries, territories, regions, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsEmail
NOVI DIAN PRAMESWARI, 071112071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWahyudi Purnomo, Drs., M.PhilUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 05 Sep 2016 02:50
Last Modified: 17 Jul 2017 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41361
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item