KESENJANGAN KEBANGKITAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN RENDAHNYA PEMANFAATAN E-COMMERCE DI INDIA PADA TAHUN 1991 – 2014

ANGGREITA SHASKIA N.R.P., 071211233036 (2016) KESENJANGAN KEBANGKITAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN RENDAHNYA PEMANFAATAN E-COMMERCE DI INDIA PADA TAHUN 1991 – 2014. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (908kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.HI.107-16 Ang k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebangkitan India pasca liberalisasi ekonomi tahun 1991 ditandai dengan pembangunan di bidang-bidang teknologi dan informasi, yang dibuktikan dengan berkembangnya industri-industri teknologi berskala global asal India, salah satunya adalah e-commerce. Kondisi kontradiktif ditemukan di negara tersebut pada kontribusi sektor teknologi informasi dan e-commerce terhadap GDP negara yang memiliki selisih cukup jauh. Pengaplikasian e-commerce dan juga penetrasi internet yang masih lesu dibandingkan dengan penggunaannya di negara-negara lain menjadi sorotan bagi negara tersebut. Karena sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok, India memiliki pasar yang sangat potensial sebagai sasaran penjualan kebutuhan yang dilakukan via e-commerce. Selain itu, adanya dukungan teknologi yang mumpuni seharusnya mampu diimbangi dengan pemanfaatan e-commerce yang lebih optimal. Penulis mengkaji ulang untuk menemukan faktor-faktor penyebab dibalik rendahnya pemanfaatan e-commerce di negara tersebut. Setidaknya ditemukan dua alasan dibalik fenomena tersebut, yang melibatkan kesenjangan sosial dan ekonomi masyarakat India. Konsep digital divide dijadikan sebagai jembatan untuk memahami anomali India, dimana penulis menawarkan kesenjangan sosial masyarakat India dalam konteks kepemilikan akses dan properti teknologi informasi dan e-commerce, serta rendahnya pengetahuan bahasa asing masyarakat India yang menghambat pemahaman dan pengoperasian situs-situs internet termasuk e-commerce.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI.107/16 Ang k
Uncontrolled Keywords: e-commerce, digital divide, India, teknologi informasi India
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3941-3974 Trade and commerce
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
ANGGREITA SHASKIA N.R.P., 071211233036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Yunus, S.IP., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 05 Sep 2016 02:57
Last Modified: 31 Jul 2017 19:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41362
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item