PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DI KALANGAN ANAK MUDA SEBAGAI NET GENERATION (Studi Deskriptif Tentang Peran Internet dalam Pengembangan Perilaku Penemuan Informasi pada Kalangan Siswa SMA di Surabaya)

Agni Santiaji Pradana, 070916056 (2016) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI DI KALANGAN ANAK MUDA SEBAGAI NET GENERATION (Studi Deskriptif Tentang Peran Internet dalam Pengembangan Perilaku Penemuan Informasi pada Kalangan Siswa SMA di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.IIP.32-16 Pra p-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas tentang gambaran perilaku penemuan informasi di kalangan siswa SMA di Surabaya sebagai kelompok anak muda (Net Generation). Penelitian ini akan dikaji dengan menggunakan teori radical of change dari Dresang dan Koh Kyungwon yang akan menggambarkan tentang karakteristik perilaku penemuan informasi kaum muda di era digital berdasarkan 3 tipologi yaitu interactivitas, conectivitas, dan akses. Akan tetapi pada peneletian ini peneliti hanya menggunakan 2 tipologi saja untuk menggambarkan perilaku penemuan informasi kaum muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif survei. Tipe deskriptif survei dipilih oleh peneliti karena peneliti hanya bermaksud mendeskripsikan perilaku penemuan informasi di kalangan anak muda / Net Generation dengan tidak menggunakan dan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini memiliki focus pada fakta atau gejala social tentang perubahan literature media informasi yang berdampak pada perlaku penemuan informasi kaum muda (Net Gen). Pada penelitian ini peneliti akan mengambil jumlah sample 100 siswa atau 1 kelompok saja yang mewakili dari keseluruhan populasi yang dianggap sama. Sample 100 siswa ini terdiri dari 50 siswa SMA Negeri dan 50 siswa SMA Swasta, hal ini didasari karena perbedaan fasilitas yang dimiliki sekolah negeri dengan swasta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi perubahan karakteristik perilaku penemuan informasi kaum muda saat ini seiring dengan adanya perubahan sumber media informasi. Hal ini dapat dilihat dari interaksi kaum muda pada fitur-fitur yang ada pada media baru (gadgedt) dalam menemukan informasi. Peran internet juga turut serta dalam perubahan ini, dimana internet telah menjadi bagian dari kehidupan kaum muda saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.32/16 Pra p
Uncontrolled Keywords: perilaku penemuan informasi, net generation,peran internet
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Agni Santiaji Pradana, 070916056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 06 Sep 2016 08:13
Last Modified: 24 Jun 2019 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item