MAKNA PENGELOLA NASKAH KUNO DALAM BUDAYA JAWA DI MUSEUM RADYA PUSTAKA, PERPUSTAKAAN REKSO PUSTAKA PURA MANGKUNEGARAN, PERPUSTAKAAN PURO PAKUALAMAN,PERPUSTAKAAN WIDYA BUDAYA KERATON YOGYAKARTA

KURNIA DYAH IRAWATI, 071411623006 (2016) MAKNA PENGELOLA NASKAH KUNO DALAM BUDAYA JAWA DI MUSEUM RADYA PUSTAKA, PERPUSTAKAAN REKSO PUSTAKA PURA MANGKUNEGARAN, PERPUSTAKAAN PURO PAKUALAMAN,PERPUSTAKAAN WIDYA BUDAYA KERATON YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
FIS.IIP.33-16 Ira m HLMN DPN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.IIP.33-16 Ira m FULLTEXT-min-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
FIS.IIP.33-16 Ira m LMPRN-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
FIS.IIP.33-16 Ira m LMPRN-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
FIS.IIP.33-16 Ira m LMPRN-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budaya Jawa telah berpengaruh terhadap perilaku seseorang ketika bekerja. Bekerja merupakan kegiatan sentral dan signifikan untuk mayoritas orang sebagai bentuk dasar pertimbangan dalam mendedikasikan dirinya dalam suatu pekerjaan yang digeluti agar kebutuhan dasar manusia dapat terpenuhi. Pemilihan pekerjaan sebagai pengelola naskah kuno merupakan bentuk perilaku yang dilakukan individu untuk mencapai suatau tujuan yang menimbulkan penilaian dan makna tersendiri yang dialami oleh pengelola naskah kuno di Perpustakaan milik Keraton Surakarta dan Yogyakarta dengan suatu pengabdian. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial Petter L. Berger dan Thomas Luckmann sebagai proses dialektis pemaknaan pengelola naskah kuno melalui eksternalisasi, objectivasi dan internalisasi. Dengan teknik penentuan informan purposive sampling. Metode yang digunakan metode kualitatif fenomenologi. Setiap pengelola naskah kuno memiliki makna yang berbeda tergantung dari proses pemaknaan dari konstruksi sosial dari Berger. Makna pengelola naskah kuno terbagi atas dua tipe, yaitu pengelola naskah kuno tipe subyektif dan pengelola naskah kuno tipe obyektif. Pengelola naskah kuno subyektif merupakan sebuah panggilan jiwa dan merupakan pengabdian kepada budaya ketika mereka bekerja sebagai sarana menghibur diri. Sedangkan pengelola naskah kuno obyektif bahwa bekerja didasarkan ilmu sesuai dengan apa yang diterima ketika masih kuliah atau sekolah sehingga bekerja dapat menimbulkan gaya hidup dan aktualisasi diri untuk pandangan hidup pengelola naskah kuno. Berdasarkan makna yang muncul, pengelola naskah kuno akan mampu mengelola naskah kuno dengan baik serta memahami isi kandungan naskah kuno jika ditangani oleh pengelola naskah kuno obyektif, karena berdasarkan ilmu yang dimiliki sehingga akan mempermudah memahami isi dari naskah kuno.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.33/16 Ira m
Uncontrolled Keywords: Pengelola Naskah Kuno, Budaya Jawa, Makna Kerja, Konstruksi Sosial, Naskah Kuno.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KURNIA DYAH IRAWATI, 071411623006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Gunarti, Dra., M.I.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 06 Sep 2016 08:18
Last Modified: 23 Jul 2017 19:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41378
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item