LITERASI INFORMASI MAHASISWA TEKNIK (Studi Deskriptif Tentang Literasi Informasi pada Mahasiswa Teknik di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)

LUDFI ZAHROUN NAGHFIROH, 071211631101 (2016) LITERASI INFORMASI MAHASISWA TEKNIK (Studi Deskriptif Tentang Literasi Informasi pada Mahasiswa Teknik di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.IIP.35-16 Nag l.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknik merupakan bidang keilmuan yang berkembang cepat akibat kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Pertumbuhan informasi digital yang terus berkembang sehingga menimbulkan ledakan informasi (information exploition) serta permintaan pekerjaan untuk para lulusan teknik menurut survey dari American Society for Mechanical Engineers menunjukkan bahwa banyak permintaan untuk lulusan teknik namun yang mejadi kendala adalah kemampuan para mahasiswa teknik dalam memecahkan masalah dengan tepat. menjadi alasan peneliti mengkaji kemampuan literasi informasi pada mahasiswa teknik. Selain itu jumlah penelitian literasi di Asia dari tahun 2010 hingga 2014 sudah terdapat sekitar 765 penelitian mengenai literasi informasi. Sebelumnya penelitian literasi informasi sudah dikaji oleh Ali Rosmah, dkk pada tahun 2010 dalam penelitiannya yang berjudul Information literacy Skills of Engineering Students di University of Malaya, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi informasi mahasiswa teknik adalah masih rendah dan perlu ditingkatkan lagi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan purposive sampling. Sampel diambil dari jumlah populasi mahasiswa teknik di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sebanyak 100 responden yang mana penentuan responden melalui kriteria yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini digunakan konsep dari Association of Colleges and Research Library (ACRL) Information Literacy Competency Standard for Higher Education, dengan menggunakan 5 standar pengukuran yakni : Standar I Menentukan Sifat dan Tingkat Informasi yang Dibutuhkan. Standar II Mengakses Informasi yang dibutuhkan secara Efektif. Standar III Mengevaluasi informasi dan menjadikannya basis pengetahuan. Standar IV Menggunakan Informasi secara Efektif. Standar V Penggunaan Informasi secara Etis dan Legal. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 23. Berdasarkan analisis dari lapangan diketahui kemampuan literasi informasi para mahasiswa teknik di ITS Surabaya. Menurut standar kemampuan literasi informasi mahasiswa teknik di ITS berada pada kategori sedang. Standar kemampuan literasi informasi mahasiswa teknik di ITS berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data menggunakan 5 standar menunjukkan bahwa literasi informasi mahasiswa teknik pada standar I menunjukkan skor 5,2 berada dalam kategori tinggi, standar II menunjukkan skor 4,89 berada dalam kategori sedang, standar III menunjukkan skor 5,06 berada dalam kategori sedang, standar IV menunjukkan skor 5,10 berada dalam kategori sedang, standar V menunjukkan skor 5,0 berada dalam kategori sedang. Jadi skor keseluruhan adalah 5,05 yang mana literasi informasi mahasiswa masih berada dalam kategori sedang sehingga memerlukan upaya untuk meningkatkannya. Dan untuk meningkatkannya diperlukan sinergitas peran dari pustakawan, perguruan dan para mahasiswa dalam menerapkan kurikulum pendidikan berbasis literasi di institut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.35/16 Nag l
Uncontrolled Keywords: informasi, literasi informasi, mahasiswa teknik, perguruan tinggi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LUDFI ZAHROUN NAGHFIROH, 071211631101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Soesantari, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 06 Sep 2016 08:27
Last Modified: 08 Jun 2017 21:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41380
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item