KEMAMPUAN LITERASI MEDIA (MEDIA LITERACY) DI KALANGAN REMAJA RURAL DI KABUPATEN LAMONGAN

Misbah Zaenal Muttaqin, 071211631012 (2016) KEMAMPUAN LITERASI MEDIA (MEDIA LITERACY) DI KALANGAN REMAJA RURAL DI KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.IIP.37-16 Mut k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan perubahan masyarakat yang telah memasuki abad ke 21, dunia telah disuguhi perubahan industri media yang begitu pesat. Pertumbuhan pesat pada saat ini sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, sehingga muncul berbagai macam bentuk media sosial yang berkembang diseluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali di kalangan masyarakat rural di Kabupaten Lamongan. Akan tetapi dalam realita dewasa ini tidak sedikit para remaja yang terjebak pada sifat ekses. Fenomena tersebut yang menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi media di kalangan remaja rural di Kabupaten Lamongan. Peneliti menggunakan konsep dari Individual Competence Framework untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi media yang ditinjau dari technical skills, critical understanding dan communicative abilities. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di Kabupaten Lamongan yang difokuskan pada remaja. Sedangkan dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat technical skills remaja rural dalam tataran medium, sedangkan critical understanding dalam tataran basic, sedangkan communicative abilities dalam tataran advanced. Sedangkan faktor pendidikan non formal yang didapatkan dari keluarga, sangat jarang sekali ada suatu diskusi ataupun kumpul dengan membahas suatu permasalahan, meskipun demikian juga dapat diketahui melalui tabel silang bahwa pendidikan non formal dari keluarga tidak berdampak terhadap tingkat literasi media remaja rural. Sementara itu, berdasarkan tabel silang justru faktor peer group yang berdampak pada tingkat literasi media remaja rural. Dalam hal ini menunjukkan bahwa remaja rural yang aktif berkontribusi dalam kelompok bermain, mereka akan lebih kritis terhadap berbagai jenis informasi baru yang didapatkan, dari pada remaja yang jarang aktif dalam peer group. Hal tersebut dikarenakan remaja rural selalu menanyakan dan meminta pendapat orang lain ketika ada informasi baru yang mereka dapatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.37/16 Mut k
Uncontrolled Keywords: Literasi media, media sosial, remaja rural, Individual Competence Framework.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Misbah Zaenal Muttaqin, 071211631012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 06 Sep 2016 08:36
Last Modified: 24 Jun 2019 07:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item