PERILAKU PENEMUAN INFORMASI SISWA KELAS XII SMA DALAM PERSIAPAN MEMASUKI PERGURUAN TINGGI

Ferina Anita Rahmawati, 071411623022 (2016) PERILAKU PENEMUAN INFORMASI SISWA KELAS XII SMA DALAM PERSIAPAN MEMASUKI PERGURUAN TINGGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (811kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
FIS.IIP.38-16 Rah p HLM DPN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.IIP.38-16 Rah p FULLTEXT-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FIS.IIP.38-16 Rah p DAPUS.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
FIS.IIP.38-16 Rah p LMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian perilaku penemuan informasi telah banyak dilakukan oleh para peneliti di berbagai bidang seperti ilmuwan sosial, anak – anak, remaja, wanita, dan para ahli profesi. Dalam studi ini peneliti tertarik melakukan penelitian perilaku penemuan informasi pada remaja tingkat akhir yaitu siswa kelas XII SMA yang akan melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana perilaku penemuan informasi siswa kelas XII SMA dalam persiapan memasuki perguruan tinggi yang diawali dengan perasaan ketidakpastian sampai dengan kepercayaan diri. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Magelang Jawa Tengah karena melihat antusias siswa SMA yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi semakin meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden yang berencana masuk keperguruan tinggi. Untuk melanjutkan studi siswa perlu adanya persiapan yang matang bagi agar tidak rasa penyesalan dikemudian hari. Persiapan yang dilakukan yaitu dengan pemilihan perguruan tinggi, program studi, dan pelatihan ujian masuk. Dalam penelitian ini siswa melakukan penemuan informasi yang meliputi enam tahapan yaitu initiation, selection, exploration, formulation, collection, presentation Penelitian ini menemukan bahwa siswa awalnya yang merasakan kebingungan dengan prosentase 58% yang mulai terdorong untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dengan berbagai cara. Siswa mulai memperoleh informasi dari berbagai jenis informasi salah satunya prospek kerja prosentasenya 32% dengan sumber informasi tercetak dan elektronik yang digunakan prosentasenya 71% serta saluran informasinya, dan mencari informasi tambahan yang mendukung dalam persiapan yang dilakukan. Sehingga siswa merasa percaya diri dan puas dengan informasi yang diperoleh dengan prosentase sebanyak 64% dan siswa dapat memilih perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan minat siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.38/16 Rah p
Uncontrolled Keywords: Siswa SMA, Perilaku Penemuan informasi, Perencanaan Karir
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Ferina Anita Rahmawati, 071411623022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M.
Date Deposited: 06 Sep 2016 08:40
Last Modified: 24 Jun 2019 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41383
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item