STUDI PENGARUH TEMPAT PERTANDINGAN DAN KLASEMEN TIM PADA HASIL PERTANDINGAN TIM SEPAKBOLA PADA KOMPETISI L1GA NON AMATIR 1992/1993

SURYANTO, - (1994) STUDI PENGARUH TEMPAT PERTANDINGAN DAN KLASEMEN TIM PADA HASIL PERTANDINGAN TIM SEPAKBOLA PADA KOMPETISI L1GA NON AMATIR 1992/1993. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertandingan sepakbola merupakan pertandingan yang sangat menarik penonton. Karena menariknya, tidak jarang suporter memberikan dampak yang tidak sedikit pada mental para pemain yang sedanS bermain. Pengaruh ini nampaknya lebih nampak bila suatu tim bermain di luar kandang. Selain adanya ancaman suporter lawan, pernain juga dipengaruhi oleh biasa tidaknya suatu tim menggunakan lapangan dan rnengenal lingkungan di luar lapangan tempatr bermain. Kompetisi sepakbola Liga Non Amatir yang berlangsung di Indonesia ini rnenggunakan sistem kompesiti penuh, dimana setiap tim akan saling bertemu dua kali, yaitu dengan bermain di kandang (home) atau di luar kandang (away). Dengan sistem pertandingan ini sifat adil dari munculnya gejala kekalahan saat bermain di luar kandang b i s a teratasi. Sejauh mana pengaruh tempat itu kalau sekedar asumsi sudah ada sejak tim-tim merasakan kekalahan yang berulang kali bila bertanding di luar kandang. Dari permasalah itu, maka dengan adanya kompetisi Liga Non Amatir yang menyelenggarakan pertandingan sebanyak 272 kali kiranya bisa menrukan populasi yang cukup untuk melihat sejauh mana pengaruh tempat pertandingan dan peran klasemen dalam memenangkan pertandingan.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 796.334 Stu
Uncontrolled Keywords: SEPAKBOLA
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SURYANTO, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 01 Oct 2016 04:04
Last Modified: 01 Oct 2016 04:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41417
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item