MAKAM SUNAN GIRI SEBAGAI OBYEK WISATA BUDAYA

EDWIN FIATIANO, S.Sos. and Lorentus Dyson, Dr. and RETNO ANDRIATI, Dra. MA. and Falih Suaedi, Drs. M.Si. and Djoko Adi Prasetyo, Drs. (1999) MAKAM SUNAN GIRI SEBAGAI OBYEK WISATA BUDAYA. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulis dalam mengkaji tentang kepariwisataan yang ada di obyek wisata makam Sunan Girl, Desa Girl, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, dilatarbelakangi ketika penulis melihat keramaian tradisi Malam Selawe. Sebingga timbul keinginan untuk meneliti bentuk wisata yang ada di obyek wisata mkam Sunan Girl dan strategi budaya yang dimiliki masyarakat disekitar obyek wisata di dalam menerlma dan mengimplementasikan program-program dari pemerintah didalam mengembangkan dan membangun pariwisata. Tujuan dari penelitian ini, ingin mengetahui bentuk wisata yang ada di makam Sunan ~ingin mengetahui strategi budaya masyarakat di sekitar obyek wisata makam Sunan Girl dalam mengembangkan obyek wisata tersebut yang dikaitkan dengan Sapta Pesona dan keinginan untuk mengetahui sumber daya wisata di obyek wisata makam Sunan Girl. Tipe penelitian yang dihasilkan adalah deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif Untuk menjaring worman peneliti menggunakan purposif, dimana di dalam memilih informan dilakukan seleksi berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Dan untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik: observasi secara langsung dan terlibat, wawancara dengan informan menggunakan pedoman wawancara yang bersifat open ended, serta penggunaan bahan dokumen. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan bahwa wisata yang ada wisata ziarah dan wisata budaya yang mengandung nilai-nilai Islam. Sedangkan penerimaan masyarakat terhadap program-progran pemerintah kurang dipahami sehingga strategi budaya yang diterapkan kurang sempuma didalam mengembangkan obyek wisata tersebut. Dengan adanya kekurangan-kekurangan tersebut peneliti menyarankan agar para pengelola maupun pejabat pemerintahan yang ada di obyek wisata budaya makam Sunan Giri agar melakukan gerakan sadar wisata kepada masyarakat dengan membentuk kelompok sadar wisata disetiap RT maupun RW. Pembentukan tempat untuk memperlihatkan bendabenda peniggalan dan sejarah ketokohan Sunan Girl dalam mensyiarkan agama Islam serta mambuat suatu organisasi yang profesional dalam upaya membantu usaha keeil yang ada di masyarakat Desa Giri dan yang terakhir adalah membentuk suatu pusat atau wadah penjualan basil usaha keeil masyarakat Desa Girl yang berupa kerajinan emas, perak dan tembaga di sekitar obyek wisata makam Sunan Girl.

Item Type: Other
Additional Information: 338.479 1 Mak
Uncontrolled Keywords: Makam Sunan Giri; Obyek Wisata Budaya
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6350-6940.7 Trade unions. Labor unions. Workers' associations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2335.86-2335.885 Trade unions
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
EDWIN FIATIANO, S.Sos.UNSPECIFIED
Lorentus Dyson, Dr.UNSPECIFIED
RETNO ANDRIATI, Dra. MA.UNSPECIFIED
Falih Suaedi, Drs. M.Si.UNSPECIFIED
Djoko Adi Prasetyo, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 28 Oct 2016 18:17
Last Modified: 28 Oct 2016 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41490
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item