PENGARUH NIAT ORGANISASI UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN YANG TERCERMIN DARI PEMAKAIAN KONSEP MODEL ADKAR DALAM PENGELOLAAN PERUBAHAN TERHADAP RESPON KARYAWAN DENGAN KOMUNIKASI DI DALAM ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PERSEORANGAN DELTA

FIRMAN ARDIANSYAH, 040510450 (2009) PENGARUH NIAT ORGANISASI UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN YANG TERCERMIN DARI PEMAKAIAN KONSEP MODEL ADKAR DALAM PENGELOLAAN PERUBAHAN TERHADAP RESPON KARYAWAN DENGAN KOMUNIKASI DI DALAM ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PERSEORANGAN DELTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ardiansyah-16850-abstrak-p.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ardiansyah-14183-b14310-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Niat perusahaan untuk melakukan perubahan merupakan hal penting yang menentukan kelangsungan hidup perusahaan maupun pencapaian tujuan perubahan itu sendiri dan dalam hal ini perubahan yang dilakukan adalah perubahan terencana. Perubahan terencana adalah perubahan yang didasarkan atas suatu konsep pengelolaan perubahan dan di dalamnya terdapat tujuan yang jelas. Dengan menggunakan konsep model ADKAR yang merupakan cerminan dari niat perusahaan untuk melakukan perubahan, perusahaan memiliki tujuan untuk membuat karyawan memiliki kesadaran dan hasrat untuk mengikuti perubahan, membekali karyawan dengan pengetahuan dan kemampuan (skill) yang diperlukan untuk mengikuti perubahan, serta memberikan dorongan dan penghargaan kepada karyawan untuk mengikuti perubahan dalam pengelolaan perubahan. Selanjutnya niat tersebut dikomunikasikan kepada karyawan agar terbentuk respon positif dari karyawan. Respon tersebut dapat terwujud dalam bentuk kesadaran untuk mengikuti perubahan, pemahaman terhadap perubahan, komitmen terhadap perubahan, serta rasa memiliki terhadap perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh niat perusahaan untuk melakukan perubahan terhadap respon receiver dalam menyikapi perubahan dan seberapa besar pengaruh niat perusahaan untuk melakukan perubahan terhadap respon receiver dalam menyikapi perubahan melalui komunikasi di dalam organisasi sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan sampel yang digunakan adalah keseluruhan karyawan bagian produksi Perusahaan Perseorangan Delta Glass yang berjumlah 59 orang. Instumen yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuesioner, kemudian untuk menguji hubungan antar variabel di dalam penelitian ini digunakan analisis jalur (path analysis) dan diolah dengan menggunakan software SPSS 13.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara niat perusahaan untuk melakukan perubahan (X) terhadap komunikasi di dalam organisasi (Z), komunikasi di dalam organisasi (Z) ke respon karyawan (receiver) terhadap perubahan (Y), dan niat perusahaan untuk melakukan perubahan (X) ke respon karyawan (receiver) terhadap perubahan (Y). Pengaruh langsung niat perusahaan untuk melakukan perubahan ke respon karyawan (receiver) terhadap perubahan lebih kuat dibandingkan dengan hasil pengaruh tidak langsung dimana besar pengaruh langsung sebesar 0,305 sedangkan besar pengaruh tidak langsung sebesar 0,114.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 143/10 Ard p
Uncontrolled Keywords: CORPORATE GOVERNANCE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K201-487 Jurisprudence. Philosophy and theory of law > K237-264 The concept of law
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
FIRMAN ARDIANSYAH, 040510450UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHJ. SITI SULASMI, Dr.Psi.M.SeUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 22 Mar 2011 12:00
Last Modified: 21 Oct 2016 19:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item