FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATEMATIKA DAN FISIKA FMIPA UNIVERSITAS AIRLANGGA

ETO WURYANTO, Drs. (1993) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MATEMATIKA DAN FISIKA FMIPA UNIVERSITAS AIRLANGGA. Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (FULLTEXT)
RINGKASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ilmu pengetahuan a1am terutama Fisika banyak menggunakan konsep dan teori matematika yang cukup tinggi. Sehingga mahasiswa Matematika dan Fisika seharusnya mempunyai kemampuan dasar dalam Matematika yang sama. Pada umumnya para mahasiswa yang berasal dari jurusan Matematika dan jurusan Fisika merasakan kesulitan untuk menyelesaikan studinya sesuai dengan kalender akademik yang diberikan. Bahkan beberapa mahasiswa terpaksa harus meninggalkan bangku kuliah karena masa kuliahnya telah melampaui batas waktu maksimum. Menurut Holder (1968) dalam tulisan Leder (1981) kemampuan yang tinggi pada _mahasiswi (sukses dalam banyak hal) secara umum dianggap maskulin dan tidak cocok untuk wanita (mahasiswi) dan mengakibatkan efek yang kurang baik pada penampilannya. Anggapan dari kebanyakan mahasiswa jurusan Matematika dan jurusan Fisika -b~hwa mata kuliah murni itu cukup sulit dan membutuhkan banyak waktu untuk mempelajarinya, jika dibandingkan dengan mata kuliah terapan. lMahasiswa yang ikut famili cenderung mempunyai persoalan yang lebih banyak dibanding dengan tinggal bersama Orang Tua. Karena harus membantu urusan dalam keluarga familinya tersebut. Sedangkan mahasiswa yang kost/kontrak harus menyelesaikan s&mua persoalan secara mandiri sehingga sedikit banyak akan dapat mempengaruhi prestasinya di bangku kuliah. Berdasar pada latar belakang di atas dapatlah dirumuskan permasalahan sebagai berikut, Apakah faktor-faktor nilai ebtana. murni SMA, nilai kuliah murni, nilai kuliah terapan,nilai ijasah SMA, mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan Matematika dan jurusan Fisika FMIPA Universitas Airlangga ? dan Apakah faktor-faktor asal sekolah, tempat tinggal, jenis kelamin, dan kesuksesan yang melebihi lawan janis mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan Matematika dan jurusan Fisika FMIPA Universitas Airlangga ? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi indeks prestasi belajar mahasiswa jurusan Matematika dan jurusan Fisika FMIPA Universitas Airlangga. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada Pengaruh nilai ebtanas murni SMA, nilai kuliah murni, nilai kuliah terapan, nilai ijasah SMA terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan Matematika dan jurusan Fisika FMIPA Universitas Airlangga dan ada Pengaruh asal sekolah, tempat tinggal, jenis kelamin, dan kesuksesan yang melebihi lawan jenis terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan Matematika dan ju~usan Fisika FMIPA Universitas Airlangga. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa jurusan Matematika dan jurusan Fisika Sl FMIPA Universitas Airlangga. Cara pengambilan sampelnya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 mahasiswa dari populasi tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berupa Indeks Prestasi mahasiswa, nilai ebtanas murni SMA, asal sekolah, nilai mata kuliah murni, nilai mata kuliah terapan, tempat tinggal, nilai ijasah SMA, jenis kelamin, dan kesuksesan yang melebihi lawan jenis. U~tuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa jurusan Matematika dan jurusan Fisika digunakan Analisis Regresi. Karena perhitungan yang berhubungan dengan nilai thit, nilai Fhit dan R2 cukup rumit jika dilakukan dengan manual maka untuk mempermudah perhitungannya digunakan software Statistika MINITAB. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Nilai ebtanas murni SMA, nilai mata kuliah murni dan nilai mata kuliah t~rapan mempunyai pengaruh terhadap indeks prestasi mahasiswa jurusan Matematika dan Fisika, sedangkan nilai ijasah SMA pengaruhnya tidak signifikan dan asal sekolah, tempat tinggal, jenis kelamin, dan kesuksesan yang melebihi lawan jenis memberikan pengaruh terhadap indeks prestasi mahasiswa jurusan Matematika dan Fisika. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan ; pertama, perlu diteliti lebih lanjut tentang faktor intern dan ekstern mahasiswa , yang berupa motivasi, I ingkungan berlajar, dan fasilitas belajarnya. Para pengelola Jurusan Matematika dan Fisika. Kedua, perlu memfikirkan penerapan system pengajaran yang baru sehingga dengan sistem tersebut dapat membangkitkan minat belajar mahasiswa untuk mempelajari mata kuliah murni.

Item Type: Other
Additional Information: KKS KK 378.007 Fak
Uncontrolled Keywords: Perguruan tinggi-studi dan pengajaran
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > Q Science (General) > Q181-183 Study and Teaching
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsEmail
ETO WURYANTO, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 28 Oct 2016 20:29
Last Modified: 28 Oct 2016 20:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41514
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item