PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP BUDAYA KONSUMEN MASYARAKAT (Studi Di Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo Surabaya)

Bambang Nugrohadi, Drs. and Pujio Santoso, - and Muadib Aminan A.R, - and Eddy Herry P., - and Tutik Koesbardianti, Dra. (1993) PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP BUDAYA KONSUMEN MASYARAKAT (Studi Di Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo Surabaya). Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (FULLTEXT)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini secara umum ingin mengkaji pengaruh media massa (televisi khususnya) yang semakin banyak menayangkan iklan pada setiap kesempatannya. Pengaruh yang ditimbulkannya di kehidupan masyarakat khususnya pada budaya konsumen mereka dikuatirkan membawa dampak negatip bagi mental mengkomsumsi masyarakat. Ibu rumah tangga sebagai pihak yang paling menentukan dalam mengambil keputusan untuk membeli bahan (barang-jasa) kebutuhan keluarganya, berada di garis depan dalam upaya untuk menangkal pengaruh iklan yang kurang menguntungkan. Tetapi usaha ini tidak mudah~ begitu berperanannya iklan dalam media massa yang semakin tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Asumsi yang kemudian dibangun dalam penelitian ini kemudian menetapkan bahwa keinginan untuk mengkonsumsi sesuatu (barangjasa) sangatlah menonjol, dan ini sebagai cermin belum terbentuk nya budaya konsumen yang tangguh di masyarakat kita. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengaruh media massa memang nampak dalam keputusan yang diambil Oleh ibu rumah tangga dan remaja-anak mereka dalam membeli-mendapatkan sesuatu. Dampak yang diakibatkannyapun meluas pada aktivitas kehidupan masyarakat. Hal yang memprihatinkan bahwa mereka (masyarakat) dalam memenuhi kebutuhan lebih menekankan pada unsur keinginan, bukan pada kebutuhan itu sendiri, hal ini terutama dirasakan pada golongan remaja-anak. Kealpaan, kenakalan remaja dapat dimunculkan pads kondisi semacam ini.

Item Type: Other
Additional Information: KKS KK 302.230 8 Pen
Uncontrolled Keywords: Media massa; konsumen
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Bambang Nugrohadi, Drs.UNSPECIFIED
Pujio Santoso, -UNSPECIFIED
Muadib Aminan A.R, -UNSPECIFIED
Eddy Herry P., -UNSPECIFIED
Tutik Koesbardianti, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 28 Oct 2016 21:41
Last Modified: 28 Oct 2016 21:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41522
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item