FRAKSINASI EKSTRAK HEKSAN DARI DAUN GYNURA PRACUMBENS YANG MEMILIKI AKTIVITAS ANTIKANKER DENGAN METODE BRINE SHRIMP LETHALITY TEST

Sukardiman, NIDN. 0001096305 (1995) FRAKSINASI EKSTRAK HEKSAN DARI DAUN GYNURA PRACUMBENS YANG MEMILIKI AKTIVITAS ANTIKANKER DENGAN METODE BRINE SHRIMP LETHALITY TEST. Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
RINGKASAN.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit kanker dlkenal sebaRal penyaklt yang Buker dlsembuhkan dan merupakim penyakit penyebab kemat.!an terbeaar kedua di negara -negarll maju di dunia. Mesk!pun penemuan dan pemakaian kemoterapl untuk pengobatan kanker menunjukkan hasll yang cUkup baik. namun obat teraebut mempunyai efek samping dan toksisitas yang sangat besar. Akibat.nya banyak orang beralih pada pengobatan dengan bahan dari alamo Beberapa metode untuk mengujl aktivitae b!ologik dari senyawa bahan alam yang berkhasiat sebagai antikanker adalah Meskipun metode Brine Shrimp Letallty Test (BST) atu uji kematian merupakan uji praskrining aktivltae biologik yang speslfik untuk bahll.n--bahan antikanker, tetapi kemampuannya mendeteksi 14 diantaraa 24 ekstrak etanol yang aktif terhadap uji 9-PS pada penelitlan yang dilakukan Meyer.dkk. Serta kemampuannya mendeteksi 6 dlentara 7 senyawe. murni yang aktif pada ujl P-3B8 pada penelitian Anderson, dkk memungkinkan penggunaan BST sebagal ujl praslkring aktivitas biologik ADLN-PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA LAPORAN PENELITIAN FRAKSINASI EKSTRAK HEKSAN DARI DAUN GYNURA SUKARDIMAN menggantikan uji sitotos::i.k lain yang jauh lebih mahal dan membutuhkan waktu relatif lama . Keuntungan lain metode BST adalah pelaksanaannya sederhana, cepat, tidak memerlukan peralatan khusus, hanya fIlemerlukaan sedikit sampel ekstrak yang diteliti, tidak memerlukan serum hewan seperti pad metode sitotoksik lainnya Salah eatu tanaman dari familia Compoeitae adalah Gynura procumbens, tanaman inl oleh sebagian masyarakat digunakan untuk sayuran atau lalapan. Dan eecara tradieional daunnya digunakan sebagai obat untuk penyakit ginjal, penurun panae, obat kutil. Akhir-akhir ini maeyarakat menggunakan tanaman Gynura procumbene eebag,:i obat !intikanker. Penggunaan ini hanya berdasar dari pengalaman beberapa orang saja. Namun pada tahun 1.993, Maeayu Indahyanti dkk telah melakukan penelitian pendahuluan tentang khasiat daun Gynura procumbene eebagai anttkanker dengan metode uji kematian anak udang atau Brine Shrimp Lethality Test (BST), menunjukkan bahwa ekstrak heksan dari daun tereebut mempunyai khasiat antikanker. Pada penelitian inl dilakukan frakasinasi eketrak heksan untuk dapat mengetahui Beyawaaa apakah yang berkhasiat sebagai anntikanker dengan met,ode Brine Shrimp Lethality Test (BST). Dari hasil frakBlnasi ekstrak heksan daun dewa (Gynura procumbens) dengan kolom kromatografi cepat diperoleh dua eenyawa dengan BM = 13B dan 218 yang mempunyai aktivitas antikanker dengan metode Brine Shrimp LethalIty Test (EST) yang paling aktif. Dari hasi1 analiels dengan KLT, spketrofometri UV dan MS : maka senyawa dengan BM = 138 dlduga sebagal monoterpen, sedanskan untuk senyawa dengan BM = 218 dlduga sebasal seskulterpen lakton.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 615. 32 Fra
Uncontrolled Keywords: fraksinasi, metode brine shrimp
Subjects: Q Science > QK Botany > QK900-989 Plant ecology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Sukardiman, NIDN. 0001096305UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 28 Oct 2016 20:57
Last Modified: 28 Oct 2016 20:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41541
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item