UJI AKTNITAS ANTI BAKTERI HASIL HIDROLISIS BAHAN AKTIF DARI KULIT BA TANG KAlVIBOJA (PLUMERIA ACUMINATA AlT.) TERHADAP ESCHERICIA COLI

Juni Ekowati, - (1994) UJI AKTNITAS ANTI BAKTERI HASIL HIDROLISIS BAHAN AKTIF DARI KULIT BA TANG KAlVIBOJA (PLUMERIA ACUMINATA AlT.) TERHADAP ESCHERICIA COLI. Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
RINGKASAN.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adanya kenyataan bahwa penyakit infeksi di Indonesia sangat tinggi dan banyaknya efek samping yang merugikan serta resistensi mikroba dari obat-obat yang sudah dikenal merupakan tantangan dan dorongan bagi para ahli farmasi untuk mengembangkan lebih lanjut struktur obat yang telah ... ada serta mencari dan menemukan obat baru. Dari penelitian mencari obat baru diharapkan akan diperoleh molekul antibiotika tumbuhan tinggi yang struktur molekul dan mekanisme kerjanya mungkin sangat berbeda dengan yang diperoleh dari mikro organisme. Sedangkan merancang obat baru tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan hubungan struktur kimia, sifat-sifat fisika kimia dan aktifitas biologis. Kamboja (Plumeria acuminata ) merupakan tanaman yang berpotensi cukup besar untuk dikembangkan sebagai bahan obat, karen a selain sangat mudah ditemukan di seluruh Indonesia, kadar bahan aktifnya cukup besar 5~, penelitian yang dilakukan oleh M. Rudyanto dkk. terhadap kandungan bahan aktif kamboja (glukosida plumierida) pada kadar 1600-4000 ppm terbukti mempunyai aktifitas anti bakteri. Penelitian ini bertujuan mengetahui aktivitas anti bakteri hasil hidrolisis bahan aktif dari kulit batang kamboja dan membandingkannya dengan bahan awal. Hidrolisis dilakukan secara enzimatis, menggunakan enzim B-glukosidase almond pH 5, suhu 37°,inkubasi 23 jam. Pemurniannya dilakukan dengan kromatografi lapis preparatif, fase diam silika gel GF 254, fase gerak kloroform-metanol (8:1). Uji aktivitas anti bakteri terhadap Eschericia coli dilakukan dengan mengukur daerah hambatan yang diakibatkan oleh difusi berbagai kadar senyawa hasil hidrolisis dalam agar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa hasil hidrolisis memiliki gugus -OH bebas, -C-O, -C=O, lakton. BM aglikon hasil hidrolisis 308. Hasil uji aktivitas menunjukkan bahwa pada kadar 400 1600 ppm senyawa hasil hidrolisis tidak mempunyai aktivitas anti bakteri terhadap Eschericia coli .

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 615. 32Uji
Uncontrolled Keywords: hidrilisis, kulit batang kamboja, escheria coli
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Kimia Farmasi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Juni Ekowati, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 28 Oct 2016 21:58
Last Modified: 28 Oct 2016 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41550
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item