PERANAN PROFESI PENUNJANG DALAM RANGKA DISCLOSURE DI PASAR MODAL

Sundari Kabat, Dra. S.H., M.Hum. (1996) PERANAN PROFESI PENUNJANG DALAM RANGKA DISCLOSURE DI PASAR MODAL. Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-res-2014-kabatsunda-31531-2.ringk-n.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

UU No. 8/1995 Tentang Pasar Modal telah membawa angin segar bagi aktivitas pasar modal yang selama ini hanya mengandalkan sejumlah Keputusan Presiden dan Surat Keputusan Menteri Keuangan. Kehadiran UU tersebut patut disyukuri mengingat bisnis pasar modal begitu mobile. Lebih-lebih mengingat proyeksi proses globalisasi menjelang efektifnya kesepakatan GATIIWTO dan APEC. yang tentunya membutuhkan kepastian dan perlindungan hukum bagi masyarakat. Konsekuensi kepastian dan perlindungan hukum tersebut adanya full disclosure and transparancy. Hal ini dapat dipahami karena setiap keputusan investasi di pasar modal mengandung risiko. Konsep kepastian dan perlindungan hukum di pasar modal tidak dapat dilepaskan dari pelan dan tanggung jawab profesi penunjang, Profesi penunjang bertanggung jawab terhadap akurasi dan kelengkapan infolmasi yang dibutuhkan oleh investor. Kewajiban tersebut bersifat on going atau terus menerus. Dalam UU No. 811995, keberadaan plofesi pennjang diatul dalam Bab VIII Pasal 64 sampai dengan Pasal 69. Pengaturan dalam beberapa hal tersebut tampaknya sedelhana. Namun demikian peran dan tanggung jawab profesi penunjang dapat kita tarik implikasinya secara sporadis dari ketentuan pasal-pasal lainnya. Masalahnya juga tidak berhenti di situ, profesi penunjang sangat menentukan dalam mekanisme bisnis pasar modal karena profesi ini yang akan menentukan apakah suatu transaksi bellangsung secala fair atau tidak.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 343.07 Kab p
Uncontrolled Keywords: profesi, pasar modal, disclosure
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
K Law
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Sundari Kabat, Dra. S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 29 Oct 2016 18:04
Last Modified: 29 Oct 2016 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item