KORELASI STRUKTUR DAN SIFAT FISIKOKIMIA ASAM p-HIDROKSIBENZOAT DAN TURUNANNYA

Liza Pristianty, Dra. MSi, Apt. (1995) KORELASI STRUKTUR DAN SIFAT FISIKOKIMIA ASAM p-HIDROKSIBENZOAT DAN TURUNANNYA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
05 ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Str-uktur-molekul suatu senyawa menggambarkan hal kar-akter-istik dar-i senyawa, yang dapat diperkir-akan ber-da sar-kan jumlah atom penyusun molekul, kedudukan elektr-on, ener-gi elektr-on dan inter-aksi yang ter-jadi pada molekul. Inter-aksi di dalam molekul maupun antar-molekul mempengar-uhi sifat fisikokimia senyawa, kar-ena inter-aksi inter-aksi ter-sebut menimbulkan gugus-gugus hidr-ofobik atau hidr-ofilik. Asam p-hidr-oksibenzoat dan tur-unannya adalah suatu ser-i senya~a homolog dengan gugus inti benzoat dengan jumlah gugus metilen r-antai samping ber-beda. Adanya perbedaan str-uktur-molekul ter-sebut dapat mempengar-uhi sifat fis~kokimianya seper-ti suhu lebur, kelar-utan dalam ber-bagai pelar-ut, dan koefisien par-tisinya. Peneiitian ini ber-tujuan mempelajar-i tentang kor-elasi antar-a str-ukturmolekul asam p-hidr-oksibenzoat dan empat bentuk ester-nya yang masing-masing ber-beda satu gugus metilen dengan sifat fisikokimia yang ditimbulkan. Penelitian ini dilakukan dengan car-a mengamati sifat fisikokimia asam phidr-oksibenzoat dan empat bentuk ester-nya yang meliputi suhu lebur-. kelar-utan dalam air-, oktanol, n heksana, isopropil mir-istat dan pr-opilenglikol. serta diamati pula koefisien par-tisinya dalam media oktanol-air-, n-heksana air-, dan isopr-opil mir-istat-air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah gugus metilen r-antai samping pada ester-p-hidr-oksibenzoat berpengar-uh pada sifat fisikokimianya. Semakin panjang gugus metilen r-antai samping maka suhu lebur-nya semakin r-endah. Besar-penur-unan suhu. leburdar-i asam p-hidr-oksibenzoat menjadi esternya adalah 84 sedangkan penur-unan suhu lebur untuk setiap peningkatan satu gugus metilen r-antai samping dar-i ester-phidr-oksibenzoat adalah 19.40 C.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 615.19 Pri k
Uncontrolled Keywords: farmasi, obat
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Liza Pristianty, Dra. MSi, Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 25 Oct 2016 15:39
Last Modified: 25 Oct 2016 15:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41711
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item