ANALISIS PENGARUH INPRES NO. 3/1991 TERHADAP HARGA POKOK PRODUKSI UNTUKINDUSTRIPENGOLAHAN SKALA SEDANG DAN BESAR 01 INDONESIA YANG MENGGUNAKAN BAHAN BAKU IMPOR

Sri Iswati, Dra., Ak. and Muslich Anshori, Drs., M.Sc.,Ak. (1995) ANALISIS PENGARUH INPRES NO. 3/1991 TERHADAP HARGA POKOK PRODUKSI UNTUKINDUSTRIPENGOLAHAN SKALA SEDANG DAN BESAR 01 INDONESIA YANG MENGGUNAKAN BAHAN BAKU IMPOR. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-iswatisri-31781-2.ringk-n.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
F6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Inpres No.3/1991 adalah kebijaksanaan kelancaran arus barang untuk menunjang kegiatan ekonomi. Inpres ini dikeluarkan sehubungan dengan adanya perkembangan dalam bidang ekspor dan impor. Selain itu Inpres No.3/1991 merupakan penyempurnaan dan penyesuaian atas kebijaksanaan yang telah digariskan dalam Inpres NoA/1985. Sebelum Inpres semua barang yang melewati pelabuhan harus melalui pemeriksaan fisik dan dokumen oleh Dirjen Bea dan Cukai sebagai akibatnya barang-barang tersebut harus tertimbun lama di gudang pelabuhan hal ini tentunya akan meningkatkan biaya perolehan barang. Setelah Inpres, barang-barang yang di impor diatas nilai $5.000 harus dilengkapi dengan LPS (Iaporan pemeriksaan surveyor). Dengan adanya LPS ini maka Dirjen bea cukai cukup memeriksa kelengkapan dokumen saja, kecuali ada alasan tertentu yang memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan fisik. Masalahnya adalah: adakah pengaruh Inpres tersebut terhadap perolehan bahan baku dan harga pokok produksi bagi industri pengolahan yang menggunakan bahan baku impor. Berdasarkan masalah penelitian tersebut, hipotesis adalah rasio biaya bahan baku dengan harga pokok produksi, rasio biaya bahan baku dengan biaya konversi dan rasio harga pokok produksi dengan biaya konversi setelah Inpres lebih rendah bila dibandingkan sebelum Inpres No. 311991. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui apakah ada perbedaan rasio biaya bahan baku dengan harga pokok produksi, rasio biaya bahan baku dengan biaya konversi dan rasio harga pokok produksi dengan biaya konversi sebelum dan setelah lnpres No. 3/199.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 330 Isw a-1
Uncontrolled Keywords: kebijaksanaan, ekonomi, bahan baku impor
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
Sri Iswati, Dra., Ak.UNSPECIFIED
Muslich Anshori, Drs., M.Sc.,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 25 Oct 2016 17:12
Last Modified: 25 Oct 2016 17:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item