PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP KENAKALAN REMAJA (Studi Kasus Kenakalan Remaja Oi Surabaya)

Soetojo Darsosentono, Drs.,MS (1992) PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP KENAKALAN REMAJA (Studi Kasus Kenakalan Remaja Oi Surabaya). Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-soetojodar-31999-2.ringka-.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-soetojodar-31999full-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti pada masalah perkembangan media massa khususnya televisi swasta, yang akhir-akhir ini dinilai banyak pihak sarat dengan tayangan fil.film Barat. Ada kesan, perkembangan media .assa telah Ilenimbulkan kekhawatiran akan dampaknya yang negatif pada kalangan rellaja. ,Remaja sebagai kalangan lIudausia, yang sedang nencari identitas diri, serta dalall proses transisi dari anak-anak Ilenuju dewasa, dinilai merupakan kalangan yang paling mudah terpengaruh oleh berbagai budaya asing yang hadir melalui media Dassa. Beranjak dari itu, dibangunlah asullsi bahwa kenakalan remaja berkait erat dengan Ilembanjirnya informasi dan buda,.a asing yanghadir melalui media nassa.. . , Penelitian ini mencqba Ilellbuktikan kebenaran asumsi yang dibangun tersebut. Apakah benar bahwa kenakalan rellaja Ilerupakan fenomena yang muneul karena banyak dipengaruhi kehadiran media Massa? Pertanyaan ini akan dijawab melalui penelitian survey yang dilakukan di keeallatan Gubeng, kotalladya Surabaya. Dengan sallPel 100 responden, penelitian ini digarap berqasar Iletode kwantitatif, dengan dilengkapi beberapa analisis kualitatif. Dari data hasil penelitian Ilellperlihatkan, bahwa secara ullum kenakalan remaja merupakan Ilasalah yang kOllpleks yang berkaitan dengan berbagai faktor sosial Ilaupun individual. Kenakalan rellaja Klerupakan masalah yang muneul tidak seilata-llata dikarenakan kehadiran media massa dengan tayangan-tayangannya. Point lain yang perlu d i cat at dari hasil penelitian 1::1 adeLah, bahva tidak semua salah kenakalan remaja berhubungan dengan terpaan seseorang terhadap media massa. Ada beberapa hal yang memang berhubungan namun banyak pula masalah kenakalan remaja yang tidak bo.rhubungan derigan t erpaan media. . . Televisi ~ang acapkali dikhawatirkan pengaruhnya, ternyata tldaklah terlalu berpengaruh pada banyak hal, baik seperti opini dan perilaku tentang kebebasan bergaul (eiuman dan seks)k:biasaa~ b~rkelahi; penggunaan obat terlarang, hingga kebiasaa~ mInum ~Inuman keras. Pada kasus minum minuman keras justru memperllhatkan, mereka yang menghabiskan waktu menonteD televisi di rumah malahan eenderung tidak terlibat minum minuman keras. Selain tele~i~i, ada p~la media massa yang memang mempunyaipengaruh pada eplnl dan perllaku penontonnya. Film Biru misalnya men~rut penelitian ini secara nyata mempengaruhi opini da~ perllaku remaja mengenai hubungan seks sebelum nikah Wa~hasil dalam memandang kenakalan remaja, k~arifan amat perlu dlkembangkan. Bagaimanapun nesarnya kekhawatiran pada media massa, toh la akan tetap hadir di masyarakat yang modern ini .

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK2 364.36 Pen 1
Uncontrolled Keywords: HUKUM
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV8301-9920.7 Penology. Prisons. Corrections > HV9051-9230.7 The juvenile offender. Juvenile delinquency. Reform schools, etc.
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Soetojo Darsosentono, Drs.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 14 Sep 2016 22:16
Last Modified: 14 Sep 2016 22:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41925
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item