PENGARUH ASAL SEKOLAH TERHADAP KEBERHASILAN STUDI MAHASISWA SEMESTER SATU DI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS AIRLANGGA

Eko Tjahjono, Drs (1993) PENGARUH ASAL SEKOLAH TERHADAP KEBERHASILAN STUDI MAHASISWA SEMESTER SATU DI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS AIRLANGGA. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-laporanpen-32095-2.ringka-n.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-laporanpen-full-2.ringka-n.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semester satu merupa"an semester percobaan bagi semua mahasiswa baru, karena pada semester ini mahasiswa yang baru saja masuk perguruan tinggi akan memulai babak kehidupan baru dalam menempuh cita citanya di lingkungan y'ang baru. Sehingga para mahasiswa periLl menyesuaikan diri terhadap tatanan baru seperti cara perkuliahan, belajar, ujian, dan lain sebagainya. Pada semester satu semua mahasiswa baik, yang berasal dari SLTA di kota maupun yang berasal dari daerah perlu menyesuaikan diri dengan 1ingkungan baru agar dapat menempuh kuliah dengan baik sehingga dicapai hasil studi yang baik pula. Pada umumnya mahasiswa yang bersal dari kota dalam hal penyesuaian diri terhadap lingkungannya L1l1ak II,enghadapi kesu I i tan d iband irlg dengan mahasiswa yang berasal dari ILlar kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asal sekolah terhadap keberhasilan studi mahasiswa semester satu di FMIPA UNAIR. Populasi dari penelitian ini adalah semua mahasiswa FMIPA yang telah menempuh LlJ ~an akhir semester satu, sedangkan sampelnya diambil dari populasi tersebut dengan cara memberikan angket. Uji statistik yang digunakan adalah uji independensi antara dUB faktor, uji KruskaII-WCjIlis, uj i Mann'-Whitney yang semuanya dikerjakan dengan program paket Minitab. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya perbedaan prestasi ••• tara mahasiswa yang berasal dari kota dengan IUBr kota, dan ternyata mahasis..a yang berasal dari kota propinsi mempunyai prestasi terbaik. Dengan demikian perlu adanya pembekalan kepada mahasiswa ba.ru agar meref:.a cepat menye.uaikan diri dengan lingkungannya.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 378.168 Pen
Uncontrolled Keywords: Pendidikan dan ujian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518-1697 Individual Ethics, Character, Virtue (including practical and applied ethics, conduct of life, success)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Eko Tjahjono, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 10 Sep 2016 01:37
Last Modified: 10 Sep 2016 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41991
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item