TINGKAT PROFITABILITAS SEBELUM DAN SESUDAH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

ANNISA ISKANDAR POLEM, 040510856 (2009) TINGKAT PROFITABILITAS SEBELUM DAN SESUDAH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-polemannis-17083-abstrak-t.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-polemannis-14330-b16410-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan tidak hanya bertujuan mencapai laba dan pertumbuhan, tetapi juga keberlangsungan (sustainability) dimana untuk mencapainya, perusahaan dituntut untuk menunjukkan rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu-isu sosial baik di dalam perusahaan maupun yang berkembang di dalam masyarakat. Corporate Social Responsibility (CSR) muncul sebagai suatu konsep yang dikenal untuk mencapai keberlangsungan. Studi ini mengkaji tingkat profitabilitas sebelum dan sesudah CSR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tingkat profitabilitas diproksi dengan menggunakan rasio Return on Asset (ROA). Perusahaan sampel dikelompokkan ke dalam dua kelompok yaitu perusahaan sebelum mengungkapkan CSR dan perusahaan sesudah mengungkapkan CSR, masing-masing kelompok sampel terdiri dari 22 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data laporan keuangan. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua sampel berpasangan (paired sample t test) untuk menguji apakah tingkat profitabilitas sesudah pengungkapkan CSR lebih besar dibandingkan sebelum pengungkapkan CSR Pembuktian hipotesis menunjukkan bahwa tingkat profitabilitas yang diproksi oleh ROA sesudah pengungkapan CSR lebih besar jika dibandingkan sebelum pengungkapan CSR, akan tetapi peningkatannya tidak signifikan. Peningkatan profitabilitas yang tidak signifikan sesudah adanya pengungkapan CSR ini disebabkan karena kurangnya peningkatan penjualan dan kurangnya penurunan persentase biaya operasi terhadap penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 164/10 Pol t
Uncontrolled Keywords: PROFIT ACCOUNTING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1706-1708 Accounting. Bookkeeping
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ANNISA ISKANDAR POLEM, 040510856UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWindijarto, Dr. , SE., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 25 Mar 2011 12:00
Last Modified: 24 Oct 2016 19:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item