PENGARUH ACTUAL SELF-IMAGE CONGRUITY DAN IDEAL SELF IMAGE CONGRUITY TERHADAP SIKAP DAN NIAT BELI PADA KONSUMEN SOGO DEPARTEMENT STORE PLAZA TUNJUNGAN SURABAYA

APRIYA DEMMI, 040530887 (2009) PENGARUH ACTUAL SELF-IMAGE CONGRUITY DAN IDEAL SELF IMAGE CONGRUITY TERHADAP SIKAP DAN NIAT BELI PADA KONSUMEN SOGO DEPARTEMENT STORE PLAZA TUNJUNGAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-demmiapriy-17115-abstrak-p.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-demmiapriy-14361-13210d-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini telah terjadi perubahan cara pandang konsumen terhadap bisnis ritel, yang semula hanya di pandang sebagai penyedia barang dan jasa, sekarang telah bergeser fungsinya dan dianggap sebagai tempat rekreasi dan bermasyarakat. Belanja saat ini bukan lagi sekedar sebuah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup saja, tetapi juga telah menjadi sebuah gaya hidup atau lifestyle. Sebagai sebuah gaya hidup, kegiatan berbelanja dianggap bisa meningkatkan prestige atau citra-diri pelakunya. Salah satu cara yang dapat dilakukan pemasar untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumennya adalah dengan menyajikan barang dan jasa yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan citra diri konsumennya. Dengan kata lain, toko atau dept. store dapat memuaskan kebutuhan sosial seseorang serta dapat mencerminkan karakter maupun status sosial bagi pengunjungnya. Karena untuk mengkomunikasikan peran dan status tersebut, tidak jarang seseorang memilih dan menggunakan barang dan jasa yang dapat menggambarkan peran dan status mereka di masyarakat. Biasanya seseorang akan memilih barang atau jasa yang memiliki ”kesesuaian” dengan citra dirinya. Dalam hal ini, yang dimaksud kesamaan citra diri atau self-image congruence adalah kecenderungan konsumen dalam membeli barang dan jasa yang mempunyai citra atau “kepribadian” yang sesuai dengan citra diri mereka. Ada beberapa dimensi self-concept atau citra diri (self-image), antara lain: (1) Actual self-image (citra diri aktual), yaitu bagaimana seseorang memandang dirinya dalam kenyataannya; (2) Ideal self-image (citra diri ideal), yaitu bagaimana seseorang ingin memandang dirinya. Perasaan konsumen tentang dirinya membentuk pola perilaku konsumsi terutama pada usaha konsumen dalam memenuhi harapan sosial mereka mengenai bagaimana mereka (konsumen) menggambarkan penampilannya secara aktual, ideal maupun sosial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang menitik beratkan pada uji hipotesis dengan memakai tehnik analisis jalur program AMOS 4.01 dan uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS 11.5. Penentuan sampel penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode non random sampling dengan teknik accidental sampling dan purpossive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa actual self-image congruity berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen pada Sogo departement store Plaza Tunjungan Surabaya, ideal self-image congruity berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen pada Sogo departement store Plaza Tunjungan Surabaya, sikap konsumen pada Sogo departement store berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen pada produk yang ditawarkan di Sogo departement store Plaza Tunjungan Surabaya, actual self-image congruity berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen pada produk yang ditawarkan di Sogo departement sore Plaza Tunjungan Surabaya, dan ideal self-image congruity berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen pada produk yang ditawarkan di Sogo departement store Plaza Tunjungan Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 132/10 Dem p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR, QUALITY OF PRODUCTS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
APRIYA DEMMI, 040530887UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI HARTINI, Dr., SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 26 Mar 2011 12:00
Last Modified: 24 Oct 2016 20:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item