FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUNCULNYA INOVASI POLICY DI SURABAYA (Studi Kasus tentang Inovasi Policy di Kotamadya Surabaya)

Aribowo, Drs., M.S and Priyatmoko, - and Muhamad Asfar, - and Roestoto Hp, - and Jusuf Irianto, - (1995) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUNCULNYA INOVASI POLICY DI SURABAYA (Studi Kasus tentang Inovasi Policy di Kotamadya Surabaya). Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-drsaribowo-32361-4.ringk-.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-drsaribowo-32361-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksploratif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian awal yang tanpa hipotesis dan dimaksudkan untuk menelusuri suatu fenomena tertentu untuk kemudian akhirnya menjadi hipotesis dalam penelitian eksplanatif. Karena itu bentuk penyajiannya dilakukan secara deksriptif dan teknik analsiis datanya pun secara kualitatif. Dari hasil penelitian eksploratif diperoleh kesimpulan, semakin tinggi pertumbuhan ekonomi suatu masyarakat maka semakin besar pula melaksanakan aktivitas pembangunan. Tingkat instrialisasi semakin naik, pendapat perkapita masyarakat membaik. Pendidikan semakin berkembang dan tingkat urbanisasi yang tinggi bisa dikendalikan. Basis kekampuan dari pertumbuhan ekonomi itu berpengaruh dalam memecahkan dan mengembangkan kemampuan Pemda KMS. Itu terlihat dari pengeluaran pembangunan dalam APBD tahun 1992/1993. Dalam komposisi pengeluaran APBD tahun 1992/1993 sekitar 60% pengeluaran tertuju pada pembangunan dengan komposisi pembangunan daerah sekitar 30%, sektor pengembangan dunia usaha 4.5% lebih, sektor perumahan rakyat dan pemukiman sekitar 1,6% sektor kesehatan, kesejahteraan sosial, peran wanita kependudukan dan keluarga berencana sekitar 2.7% sektor pendidikan generasi muda, kebudayaan nasional dan kepercayaan terhadap Tuhan YME sekitar 3.7%, sektor aparatur pemerintah sekitar 3.7% dan sektor ilmu pengetahuan, teknologi dan penelitian sekitar 1%. Komposisi ini menunjukkan konsentrasi aktivitas Pemda KMS pada pembangunan masyarakat, dengan data sebesar itu dan kemampuan aparatur pemerintah yang baik maka pemda KMS mempunyai kesempatan dalam mengembangkan inovasi policy, baik untuk memecahkan masalah public maupun untuk pengembangan ekonomi dan masyarakat secara luas.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK 338.9 Fak
Uncontrolled Keywords: PERTUMBUHAN EKONOMI, INOVASI POLICY
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Aribowo, Drs., M.SUNSPECIFIED
Priyatmoko, -UNSPECIFIED
Muhamad Asfar, -UNSPECIFIED
Roestoto Hp, -UNSPECIFIED
Jusuf Irianto, -UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 14 Sep 2016 00:45
Last Modified: 14 Sep 2016 00:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42095
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item