KESADARAN GENDER DI KALANGAN PENGURUS ORGANISASI SOSIAL POLlTIK

B.L.S. Wahyu Wardhani, Dra., MA and Siti Aminah, Dra., MA and Djoko Sulistyo, Drs., MS and Wahyudi Purnomo, Drs., M.Phil. and Vincensio M.A Dugis, Drs., MA. (1999) KESADARAN GENDER DI KALANGAN PENGURUS ORGANISASI SOSIAL POLlTIK. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-wardhanibl-32801-4.abstr-k.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-wardhanibl-32801-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses pembangunan menuntut peran serta wanita untuk terlibat. keterlibatan itu dapat disalurkan melalui organisasi-organisasi sosial maupun politik yang jumlahnya semakiin banyak dewasa ini. penelitian ini memilih empat organisasi sosial politik yang mayoritas anggotanya wanita, yaitu Dharma Wanita, Bhayangkari, PKK, dan Himpunan Wanita Karya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi profil pengurus organisasi sosial politik dan untuk mendapatkan gambaran empirik tentang faktor-faktor yang menyebabkan munculnya kesadaran gender di kalangan pengurus organisasi sosial politik tersebut. Melalui analisis studi kualitatif hasil wawancara dengan para informan ditemukan bahwa para wanita yang terlibat dalam organisasi itu belum memanfaatkan organisasi yang diikutinya sebagai usahauntuk mengaktualisasikan kemampuan dan peran mereka secara maksimal. Keikutsertaan mereka lebih karena faktor luar, kadang-kadang paksaan, dan bukan keinginan mereka pribadi. pada umumnya mereka mengakui bahwa tugas utama wanita dalamkeluarga adalah mengurus keluarga, tidak ditunjukkannya kemampuan mereka dalam organisasi tampak dari sebagian besar dari mereka yang enggan memberikan usul, enggan menolak keputusan rapat dan diserahkannya berbagai persoalan organisasi kepada pengurus.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 305.3 Kes
Uncontrolled Keywords: GENDER
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ4835-5490 International organizations and associations > JZ4841-4848 Political non governmental organizations. NGOs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
B.L.S. Wahyu Wardhani, Dra., MAUNSPECIFIED
Siti Aminah, Dra., MAUNSPECIFIED
Djoko Sulistyo, Drs., MSUNSPECIFIED
Wahyudi Purnomo, Drs., M.Phil.UNSPECIFIED
Vincensio M.A Dugis, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Date Deposited: 2015
Last Modified: 28 Sep 2016 12:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item