ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BERMIGRASI PENDUDUK DI DAERAH TINGKAT II YANG BERASAL DARI DESA TERTINGGAL DI JAWA TIMUR

Rudi Purwono, S.E. and Tri Haryanto, Drs. Ec. and Bambang Eko Afiatno (1996) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BERMIGRASI PENDUDUK DI DAERAH TINGKAT II YANG BERASAL DARI DESA TERTINGGAL DI JAWA TIMUR. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-purwonorud-32534-3.ringka-.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-purwonorud-32534-15.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pokok musalah penelitian yaitu: (I) kemana saja tujuan migrasi penduduk di Daerah Tingkat II yang berasal dari Desa Tertnggal di Jawa Timur; (2) dengan melihat pcngaruh atau dam pak tuigrasi terscbut terhadap desa tertinggal, maka perlu dianalisis faktor apa saja yang ntempengaruhi niat bcrmigrasi penduduk; (3) dengan terjadinya migran tersebut, apa dapat meningkatkan pendapatan keluarga maupun pembangunan daerah/ desa. Tujuan pcnclitian yaitu.tI} tncngetahui berbagai dacrah tujuan migrasi; (2) inengctahui foktor-faktor yang menyebabkan migrasi, khususnya tentang keinginan m igran untuk tidak tnenctap atau nrenetap di tempat tujuan/kola: dan (3) menganalisis pengaruh iuigrasi tcrhadap kcluarga dan dcsa yang ditinggalkan. Hasil pcnelitian ini diharapkan dapat mcnggambarkan pengaruh m igrasi dltinjau dari aspek ekonom i terhadap keluarga dan daerah yang ditinggalkan pada dcsa tertinggal. Pada akhirnya. diharapkan dapat dipakai untuk menentukan kebijakan pcmbangunan ckonomi daerah tingkat 11 dan peningkatan atau perbaikan kesejahteraan desa tcningga. l racrah penelitian ini adalah desa tertingga! di .Iawa Timur. Obyeknya adalah migran dengan tujuan unsuk bekcrju. bukan tujuan laiunya. Kategori responden yaitu bckerja di kabupaien scndiri, di propinsi scndiri, di luar propinsi sendiri, dan di luar ncgeri. Jenis pekerjaannya yaitu bekcrjadi sektorfonnaldan informal. PenentuandaerahtingkatLIyangdiambilsampeldengan cara purposive yaitu Kabupaten Tuban, ltojonegoro, Sumenep, dan Sampang y,mg diantbil scjumlah 3 dcsa tertinggal dan setiap desa ditentukan 10 rum ah tangga secara random. .ladi, )11/11lahseluruh respondenyaitu120respondenrumahtangga IIIigran. Teknikanalisisdata yaitu kualitanf dan kuantitatif. Untuk analisis kuantitatif pada model logit migrasi dengan metode maxnuum-likclihood dan uji statistik Chi-Square Analysis.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 304.8 Pur a-2
Uncontrolled Keywords: migrasi ; desa tertinggal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
J Political Science > JV Colonies and colonization. Emigration and immigration. International migration
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rudi Purwono, S.E.UNSPECIFIED
Tri Haryanto, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Bambang Eko AfiatnoUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Date Deposited: 10 Sep 2016 09:31
Last Modified: 14 Jun 2017 16:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42215
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item