Analisis DNA Barcoding Teripang Lokal Pantai Timur Surabaya : Upaya Pemetaan Diversitas Genetik Sumber Daya Alam Pesisir Pantai

I.B. Rai Pidada, 0021034803 (2013) Analisis DNA Barcoding Teripang Lokal Pantai Timur Surabaya : Upaya Pemetaan Diversitas Genetik Sumber Daya Alam Pesisir Pantai. UNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia adalah produsen utama teripang yang menangkap dari alam. Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki potensi kekayaan hasil pantai, salah satunya adalah teripang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teripang lokal memiliki potensi sebagai antioksidan dan imunomodulator. Teripang ditemukan di pantai timur Surabaya dalam kelimpahan sedang dan selama ini teripang tersebut langsung diambil dari habitatnya. Perhatian berupa peningkatan nilai tambah harus diimbangi dengan pengelolaan sumberdaya. Pengelolaan berkaitan dengan kelestarian teripang harus segera dilakukan agar kegiatan pemanfaatannya akan berlangsung lestari. Pengetahuan tentang keragaman genetik merupakan hal penting untuk mempelajari dinamika populasi laut, manajemen perikanan, dan merancang perlindungan sumberdaya laut. Salah satu cara untuk mengetahui keragaman genetik suatu populasi adalah melalui DNA barcoding. DNA barcoding merupakan suatu pendekatan melalui sekuens DNA tertentu yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi spesimen. DNA barcoding juga didapatkan informasi tentang polimorfisme DNA, sisi polimorfik dan haplotipe. Tujuan penelitian tahun pertama ini adalah mengidentifikasi jenis teripang pantai timur Surabaya melalui pendekatan molekuler berdasarkan gen cytochrome oxidase subunit I (COI).

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.13-14 Pid a
Uncontrolled Keywords: analisis DNA, teripang lokal, upaya pemetaan
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
I.B. Rai Pidada, 0021034803UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Sep 2016 09:36
Last Modified: 09 Sep 2016 09:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42279
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item