SENYAWA BARU FLAVONOL TERFANELASI DARI Macaranga gigantea: HUBUNGAN STRUKTUR- AKTIVITAS SIFAT ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER

Nanik Siti Aminah, 0014056707 (2013) SENYAWA BARU FLAVONOL TERFANELASI DARI Macaranga gigantea: HUBUNGAN STRUKTUR- AKTIVITAS SIFAT ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER. UNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Senyawa Baru Flavonol Terfanelasi Dari Macaranga gigantea: Hubungan Struktur-Aktivitas Sifat Antioksidan dan Antikanker (Nanik Siti Aminah, Alfinda Novi Kristanti, 2013, Fakultas Sains dan Teknologi, 35 halaman) Macaranga gigantea merupakan salah satu genus dari famili Euphorbiaceae, memiliki fungsi ekologi yang unik antara lain sebagai tumbuhan pelopor.Tumbuhan ini menghasilkan senyawa golongan flavonoid dengan rantai samping isoprenil (C5), geranil (C10), dan labdanil (C20). Sampai saat ini belum ada laporan tentang hubungan struktur-aktivitas antikanker dan antioksidan dari tumbuhan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi senyawa flavonoid dari daun Macaranga gigantea serta menguji aktivitas antikanker terhadap sel murin leukemia P-388. Di samping itu, senyawa flavonoid ditentukan aktivitas antioksidannya terhadap radikal DPPH. Pemisahan dan pemurnian senyawa flavonoid daun Macaranga gigantea meliputi ekstraksi, dan metode kromatografi. Penentuan struktur senyawa flavonoid ditetapkan berdasarkan spektroskopi ultraviolet, resonansi magnit inti dan spektrum massa. Pengujian sifat sitotoksik senyawa hasil isolasi terhadap sel murin leukemia P-388 menggunakan metode MTT assay. Uji aktivitas antioksidan menggunakan radikal DPPH secara spektrometri.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.30-14 Ami s FILE ABSTRAK TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: flavonol, Macaranga gigantea, antioksidan, antikanker,terfanelasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Nanik Siti Aminah, 0014056707UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Sep 2016 10:13
Last Modified: 08 Sep 2016 10:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42313
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item