PEMODELAN TINGKAT KERAWANAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI SURABAYA BERDASARKAN PENDEKATAN REGRESI SPASIAL LOGISTIK CAMPURAN

Toha Saifudin, NIDN0001067507 (2013) PEMODELAN TINGKAT KERAWANAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI SURABAYA BERDASARKAN PENDEKATAN REGRESI SPASIAL LOGISTIK CAMPURAN. UNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Surabaya saat ini sudah sangat rawan karena hampir semua daerah di Surabaya tergolong endemis DBD. Model-model kejadian penyakit DBD di Surabaya yang pernah diteliti dengan pendekatan model statistika, sampai saat ini seringkali menggunakan pendekatan model time series yang bertujuan hanya meramalkan jumlah kejadian DBD di masa mendatang tanpa menyertakan faktor-faktor penyebab terjadinya DBD dalam model. Tujuan penelitian ini adalah membuat peta tematik tingkat kerawanan kejadian DBD di Surabaya, dan membangun model tingkat kerawanan kejadian penyakit DBD di kelurahankelurahan di Surabaya yang tidak hanya menyertakan faktor-faktor yang diduga menjadi penyebab meningkatnya wilayah endemis DBD tapi juga mengakomodasi faktor lokasi/spasial secara simultan. Faktor-faktor yang digunakan untuk pemodelan tingkat kerawanan kejadian DBD dalam penelitian ini adalah faktor iklim (Curah Hujan, Suhu, dan Kelembaban Udara), Faktor Penduduk (Kepadatan penduduk, jumlah penduduk yang berusia < 15 tahun, jumlah penduduk yang berpendidikan minimal SMA), dan Faktor Lingkungan (Angka Bebas Jentik, Angka PHBS, Jumlah petugas pemantau jentik). Data faktor iklim hanya dapat teramati di beberapa pos pengamatan. Curah hujan teramati di 9 pos pengamatan, Suhu dan Kelembaban masing-masing teramati di 3 pos pengamatan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.31-14 Sai p
Uncontrolled Keywords: Penyakit DBD, Ordinary Kriging, Regresi Spasial Logistik, Pembobot Fixed,Gaussian, Faktor Iklim dan Lingkungan.
Subjects: R Medicine
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Toha Saifudin, NIDN0001067507UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 08 Sep 2016 08:46
Last Modified: 08 Sep 2016 08:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42314
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item