EVALUASI PENERAPAN KONSEP PENANDINGAN (MATCHING CONCEPT) PADA PERUSAHAAN MEDIA CETAK PT. JAWA POS

MUHAMMAD RENDI OKTAVIANTO, 040913393 (2011) EVALUASI PENERAPAN KONSEP PENANDINGAN (MATCHING CONCEPT) PADA PERUSAHAAN MEDIA CETAK PT. JAWA POS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-oktavianto-19130-kkbkka-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-oktavianto-21699-a27811-k.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Akuntansi merupakan proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan data keuangan dari suatu entitas. Hasil akhir proses akuntansi adalah laporan keuangan yang digunakan oleh manajemen untuk mengukur dan menyampaikan data keuangan dan data kegiatan yang lain. Konsep akuntansi yang mendukung pelaporan pendapatan dan beban terkait pada periode yang sama disebut konsep penandingan (matching concept</b>). Dalam konsep ini, laporan laba rugi akan melaporkan laba atau rugi untuk periode tersebut dengan menggunakan dasar akrual yaitu pendapatan dilaporkan dalam laporan laba rugi pada periode saat pendapatan tersebut dihasilkan sedangkan beban dilaporkan pada periode yang sama dengan syarat beban tersebut terkait dengan pendapatan. Penerapan konsep penandingan yang tepat akan menghasilkan laporan keuangan yang wajar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan desain penelitian berupa kualitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus pada PT. Jawa Pos sebagai objek penelitian. PT. Jawa Pos adalah perusahaan yang bergerak bidang Perusahaan Pers atau media cetak. Sesuai dengan anggaran dasar perusahaan, ruang lingkup kegiatan perusahaan terutama dalam bidang penerbitan/penyelenggaraan pers yang sehat, yaitu pers yang bebas dan bertanggung jawab. PT. Jawa Pos belum menerapkan konsep penandingan dalam menyusun Laporan Keuangan periode 2009. Ketidaktepatan pengakuan dan penentuan pendapatan dan beban pada PT. Jawa Pos akan mempengaruhi ketepatan penandingan pendapatan dan beban serta kewajaran penyajian laporan keuangan. Beban promosi koran diakui pada saat pembayaran yang mengakibatkan penyajian beban promosi koran di Laporan Laba rugi lebih saji dan laba yang disajikan kurang saji, sedangkan penyajian kewajiban dan saldo laba di Neraca kurang saji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 278 11 Okt e
Uncontrolled Keywords: COST ACCOUNTING ; FINANCIAL STATEMENT
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD RENDI OKTAVIANTO, 040913393UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWIDI HIDAYAT, Dr., H., SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2012 12:00
Last Modified: 21 Jul 2016 03:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4232
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item