ANALISIS SIKLUS MIKROPROSESOR 80386 DX UNTUK BEBERAPA INTRUKSI DALAM BAHASA PROGRAM PASCAL

Soegianto Soelistiono, lr. (1996) ANALISIS SIKLUS MIKROPROSESOR 80386 DX UNTUK BEBERAPA INTRUKSI DALAM BAHASA PROGRAM PASCAL. LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (RINGKASAN)
gdlhub-gdl-res-2014-lrsoegiant-32784-2.RINGKASAN.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-lrsoegiant-32784-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknologi komputasi untuk tahun-tahun terakhir ini cukup berkembang pesat dan mungkin untuk tahun-tahun yanS akan datang teknologi komputasiakan masuk dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui jumlah pulsa clock yang diperlukan dari beberapa instruksi dasar dari program bahasa pascal roaka programer diharapkan oukup dapat mengefektlfkan waktu akses menggunakan variabel yang sedikit maka mungkin masalah waktu akses kurang diperhatikan oleh programer. Rumusan masalah pada . pene 1itian in i adalah berapakah jurulah pulsa yang dibutuhkan oleh beberapa instruksi dalam bahasa Pascal untuk mikroprosesor 80386 DX, apakah tabel jum lah pulsa untuk beberapa instruksi mampu mengefisiensikan program dalam bahasa tingkat tinggi (Pascal) pada komputer pribadi dengan mikroprosesor 81386 DX. Hipotesis penelitian ini adalah : H, Analisis jumlah pulsa dari suatu mikroprosesor dapat dipakai untuk mengefisiensikan waktu akses suatu instruksi dalam bahasa program Pasoal. H Analisls jumlah pulsa dari suatu mikroprosesor tidak C> dapat dipakai untuk mengefisiensikan waktu akses suatu instruksi bahasa program Pascal. Tujuan penelitian adalah Hengefisiensikan waktu akses dari suatu program bahasa Pascal bila menggunakan mikroprosesor 81386 DX, serta bagaimana mensiasati intruksi (persamaan matematika ) yang diberikan agar waktu aksesnya menj ad i lebih cepat. Teknologi software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) sedans berpacu untuk menciptakan komputer super cepat, dengan demikian penelitian tentang jumlah siklus untuk beberapa macam instruksi ini akan sangat bermanfaat, dalam waktu yang lama dapat diturunkan waktunya,ini tentu merupakan salah satu penghematan energi dan waktu. Setelah diketahui jumlah pulsa yang diperlukan untuk suatu instruksi, maka dicoba untuk dibuat suatu persamaan matematikayang sama dengan instruksi tersebut dan kemudian dicari jumlah pulsa yang diperlukan untuk.persamaan matematika yang baru tersebut, hal ini dilak~kan berulang-ulang sampii 8idapat waktu akses (jumlah pulsa) yang lebih keeil dati instruksi (persamaan matematika awal) yang diberikan. Untuk persamaan yarig berbeda akan berbeda pada jumlah pulaa yang diperlukan dalam persamaan tersebut berbeda meskipun hasil hasil dari p~rsamaan ltu sarna. Agar program yang dibuat menjadi lebih efisien tehadap waktu maka, sebaiknya digunakan persamaan matematika yang membutuhkan jumlah pulsa yang sedikit, tetapi hal 1n1 pun masih kalah apabila dibandingkan dengan bahasatingkat rendah (asembli). Yang ditampilkan pada nlasalah ini adalah hanya beberapa persamaan saja, masih banyak persamaan matematika yang belum disinggung, maka dengan membuat program yang telah dijelaskan akan dapat pula dianalisis beberapa persa.aan m~tematika yang lain.

Item Type: Other
Additional Information: KKS KK 005.4 Ana
Uncontrolled Keywords: PEMROGRAMAN, KOMPUTER, BAHASA PROGRAM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer networks and Data transmission systems
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Soegianto Soelistiono, lr.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
AuthorAminatun, Ir.UNSPECIFIED
AuthorRatna Apsari, Dra.UNSPECIFIED
AuthorHamdani, Drs.UNSPECIFIED
AuthorMoh. Yasin, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Sep 2016 03:52
Last Modified: 19 Sep 2016 03:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42352
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item