Pembuatan Norma Tes Penalaran Untuk Kelompok Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Surabaya

Seger Handoyo (1992) Pembuatan Norma Tes Penalaran Untuk Kelompok Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Surabaya. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (RINGKASAN)
gdlhub-gdl-res-2014-handoyoseg-32816-3.RINGKASAN.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-handoyoseg-32816-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai pe~huatan norma tes Penalaran memang bukanlah ha l yang baru di Indonesia. Bag~imanapun , be l um ada pembuatan norma tes itu yang menggunakan sampe l kelompok sis~a Sekolah Lanjutan .Tingkat At as di Surabaya. Norma yang dibuat pada populasi yang spaaifik saringkali diparlukan untuk penginterpretasian yang lebih fair. Karenanya r umusan masalah dalam peneliti:an ini adalah: Bagaimana Norma Tes penalaran Untuk Kelompok Siawa Sekolah Lanjutan Ti ngkat Atas di Surabaya? Penelitian ini bertujuan untuk menyusun suatu norma Penalaran bagi siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di baya Penelitian yang bersifat diskriptif ini menggunakan populasi siswa Sekolah Lanjutan Tingkat A~as di Surabaya. Penarikan sampel sebayak 563 siswa dilakukan dengan Aooidental Sampling. Meskipun dsmikia.n, tingkat representativeness-nya bisa diharapkan. karena sampel berasal-dari berbagai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas di Surabaya. Data diambil dari hasil pemeriksaan psikologik bakat mereka yang dilakukan oleh lembaga konsultasi psikologi di Surabaya. Analisa data dilakukan dengan menggunakan statistik diskriptif, perhitungan z-score, T-score, dan persentil. berupa Performance individual dalam ~anyak tes psikologis dicatat dalam bentuk skor kasar. Skor kasar yang diperoleh itu belum bisa diinterpretasikan. Untuk itu diperlukan suatu norma tes. Cara menetapkan suatu norma ada dua, yaitu dengan menetapkan standart atau kriteria eksternal dan membandingkan skor yang diperoleh testae dengan kriteria tersebut, dan dengan membandingkan skor yang diperoleh testae dengan skor dari sekelompok testee tertentu pada tes yani sama. Norma tes Penalaran untuk siswa Sekolah lanjutan Tingkat Atas di Surabaya telah berhasil dibuat dengan sampel yang cukup besar menggunakan cara kedua. Di kemudian hari, seiring dengan pertambahan data yang dimiliki, perlu untuk dilakukah pengujian .kembali norma tes yang telah dibuat. Selanjutnya juga diharapkan selain berlingkup l okal, bisa dibuat norma tes yang berlingkup nasional dengan semua subtes yang dimiliki oleh Differential Aptitude Tests.

Item Type: Other
Additional Information: KKS KK 153.93 Pem
Uncontrolled Keywords: Tes, Penalaran, Siswa, Sekolah, SMA, Surabaya
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Seger HandoyoUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Sep 2016 04:42
Last Modified: 14 Jun 2017 16:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42383
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item