Kualitas Pelayanan Kepengurusan Sertifikat Peralihan Hak Atas Tanah dari Hasil Jual-Beli di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I

DEWI RIZKY RACHMAWATI, 071211133032 (2016) Kualitas Pelayanan Kepengurusan Sertifikat Peralihan Hak Atas Tanah dari Hasil Jual-Beli di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.45-16%20Rac%20k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan pertanahan merupakan salah satu bagian dari pelayanan administrasi yang banyak menjadi isu negatif dalam penyelenggaraannya. Isu bahwa lamanya proses pelayanan yang diperlukan, biaya yang tidak sedikit hingga pungutan liar yang kerap dilakukan oleh petugas membuat kualitas pelayanan pertanahan dipandang buruk. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan bagaimana kualitas pelayanan kepengurusan sertifikat peralihan hak atas tanah dari hasil jualbeli di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I. Tipe penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I. Teknik penentuan informan yang digunakan ialah purposive sampling kemudian dilanjutkan dengan snowball sampling. Teknik pengumpualan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pertanahan secara keseluruhan cukup baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan yakni sumber daya manusia (SDM), struktur organisasi, dan sistem pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.45/16 Rac k
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik, kualitas pelayanan, pelayanan sertifikat tanah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
DEWI RIZKY RACHMAWATI, 071211133032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 07 Sep 2016 03:48
Last Modified: 14 Jun 2017 17:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42390
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item