STUDI DESKRIPTIF TENTANG EVALUASI TAHAPAN HASIL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TEKNIS KEPALA DESA OLEH BADAN DIKLAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2014

MOCHAMMAD HANDAL WIDIANSYAH, 071211133052 (2016) STUDI DESKRIPTIF TENTANG EVALUASI TAHAPAN HASIL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TEKNIS KEPALA DESA OLEH BADAN DIKLAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2014. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.46-16 Wid s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan adanya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, kewenangan Desa lebih luas dalam hal pembangunan, penyelenggaraan pemerintah dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, adanya peningkatan anggaran desa yang lebih besar dari sebelumnya mengharuskan Kepala Desa memiliki kemampuan mengelola keuangan desa. Bandiklat Provinsi Jawa Timur selaku lembaga pelatihan memberikan diklat teknis pengelolaan keuangan desa guna meningkatkan pengetahuan untuk diterapkan di masing-masing Desa. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan evaluasi tahapan hasil pelaksanaan diklat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan penentuan informan secara purposive sampling. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan narasumber dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokan dan mengkombinasikan serta menentapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. kemudian keabsahan data diuji melalui triagulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi pelaksanaan pelatihan terlihat dari empat tahapan evaluasi yang saling mempengaruhi mulai dari reaction, learning, behavior, dan result. Pada tahap reaction Kepala Desa menyatakan puas dengan fasilitas umum, metode, dan pelatih yang digunakan selama pelaksanaan diklat. Pada tahap learning Kepala Desa memahami sebagian materi yang disampaikan dalam diklat. Pada tahap behavior Kepala Desa sudah menerapkan sebagian materi yang disampaikan dalam diklat. Pada tahap result sebagian besar target organisasional Bandiklat sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.46/16 Wid s
Uncontrolled Keywords: Diklat, Evaluasi Pelatihan, Tahapan Evaluasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
MOCHAMMAD HANDAL WIDIANSYAH, 071211133052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRoesoto, Drs., .S.UUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 07 Sep 2016 03:57
Last Modified: 07 Sep 2016 03:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42391
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item