STRATEGI DINAS KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN JOMBANG DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM UNTUK MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2016

WAHYU SASONGKO, 071211131094 (2016) STRATEGI DINAS KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN JOMBANG DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM UNTUK MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2016. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.47-16 Sas s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Peran penting tersebut telah mendorong Kabupaten Jombang untuk terus berupaya meningkatkan daya saing UKM dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui startegi dinas Koperasi dan UMKM dalam meningkatkan daya saing UMKM untuk menghadapi MEA 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe diskriptif. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data dan menyajikan data yang telah diperoleh untuk kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Koperasi dan UMKM meningkatkan daya saing UMKM dilihat dari, segi produkfitas : penggunaan alat produksi yang sederhana serta pendidikan SDM pelaku UKM masih rendah namun tetap menghasilkan produk yang berkualitas. Segi kualitas produk UKM sudah bagus namun perlu peningkatan. Segi nilai : harga produk UKM yang dihasilkan mampu diterima oleh masyarakat, kemudahan dalam pembelian cukup mudah karena telah ada tempat pusat oleh-oleh, ketersediaan produk tersedia apabila ada pesanan.segi penetapan posisi : UKM melakukan promosi melalui pameran serta media internet. Segi penciptaan brand : sebagian besar produk UKM belum mempunyai hakpaten. daya saing produk UKM. Dinas menggunakan strategi intensif (intensive strategy) yang dilakukan melalui pengembangan pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.47/16 Sas s
Uncontrolled Keywords: UKM, daya saing, strategi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
WAHYU SASONGKO, 071211131094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWahyuni Triana, Dra., MsUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 07 Sep 2016 04:04
Last Modified: 07 Sep 2016 04:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42392
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item