E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus tentang Faktor-faktor Penghambat Inovasi Layanan E-Samsat Jatim di Kabupaten Gresik)

Nur Hidayati, 071211131108 (2016) E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus tentang Faktor-faktor Penghambat Inovasi Layanan E-Samsat Jatim di Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.53-16 Hid e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat inovasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online (e-Samsat Jatim) di Kabupaten Gresik. Layanan e-Samsat Jatim ini dimunculkan pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menjawab keluhan dari masyarakat yang memiliki banyak alasan untuk tidak membayar pajak kendaraan bermotor, sehinggadengan adanya layanan ini masyarakat akan dipermudah dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor. Faktanya layanan ini tidak mendapat respon baik di Kabupaten Gresik sebab tidak banyak masyarkat yang memanfaatkan layanan tersebut untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. Teori yang digunakan adalah hambatan inovasi sektor publik oleh Borrins dan Drucker serta Geof Mulgan dan David Albury. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dengan tipe deskriptif serta strategi penelitannya yakni studi kasus. Teknik penentuan informan yakni purposive sampling dilanjut dengan snowball. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, rekaman arsip, wawancara, dan observarsi partisipan. Analisis data dilakukan dengan mengelompokkan data yang diperoleh dan disimpulkan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan adalah benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor faktor yang menghambat keberhasilan layanan e-Samsat di Kabupaten Gresik terbagi menjadi faktor internal, antara lain enggan berubah, layanan e-Samsat Jatim tidak sesuai dengan kehendak masyarakat, dan teknologi tidak diimbangi dengan kebijakan yang mendukung inovasi. Sedangkan faktor eksternal yakni terdiri dari kondisi masyarakat belum belum siap menerima inovasi yang melibatkan teknologi serta keraguan masyarakat terhadap efektivitas layanan e- Samsat Jatim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.53/16 Hid e
Uncontrolled Keywords: E-Government, Layanan E-Samsat Jatim, Faktor Penghambat Inovasi.
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Nur Hidayati, 071211131108UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWahyuni Triana, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 07 Sep 2016 06:15
Last Modified: 01 Apr 2018 21:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42398
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item