HUBUNGAN PARTISIPASI PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DENGAN KEMAMPUAN PEMAKAI, SERTA PELATIHAN DAN PENDIDIKAN PEMAKAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada PT. PLN (Persero) APJ Surabaya Barat)

NURUL MABRUROH, 040610192 (2011) HUBUNGAN PARTISIPASI PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DENGAN KEMAMPUAN PEMAKAI, SERTA PELATIHAN DAN PENDIDIKAN PEMAKAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada PT. PLN (Persero) APJ Surabaya Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-mabrurohnu-19209-kkbkka-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
mabrurohnu-19209-kkbkka-h.pdf

Download (216kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah partisipasi pemakai berpengaruh terhadap kepuasan pemakai, dan apakah kemampuan pemakai, serta pendidikan dan pelatihan pemakai memoderasi hubungan partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Masih banyak temuan penelitian yang kontradiksi, peneliti mencoba menguji ulang dengan melakukan pengujian pada dua faktor kontinjensi, sebagaimana yang telah disebutkan. Pengujian hipotesis dilakukan pada 94 responden yang merupakan pengguna sistem informasi dari PT. PLN (Persero) APJ Surabaya Barat. Metode yang digunakan untuk menguji pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dan apakah dua faktor kontinjensi memoderasi hubungan partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai adalah MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, partisipasi pemakai berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Kedua, variabel kemampuan pemakai tidak memoderasi hubungan partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai. Ketiga, variabel pendidikan dan pelatihan pemakai merupakan variabel moderator. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baik bagi para praktisi dalam pengembangan sistem, maupun akdemisi, untuk menjelaskan, bagaimana, kapan, dan dimana, partisipasi pemakai diperlukan, agar dapat meningkatkan kepuasan pemakai, dengan mengemukakan sifat hubungan yang dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang berbeda. Selanjutnya disarankan bagi peneliti mendatang untuk menelaah variabel lain yang mungkin berpengaruh pada kepuasan pemakai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 307 11 Mab h
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTION ; MANAGEMENT INFORMASI SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
NURUL MABRUROH, 040610192UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWIDI HIDAYAT, Dr., H., SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2012 12:00
Last Modified: 21 Jul 2016 09:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4241
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item