PEMASARAN INTERNAL DAN KINERJA PELAYANAN KESEHATAN MELALUI KOMITMEN PEGAWAI PADA PENGELOLAAN JASA PUSKESMAS DI SURABAYA

Ririn Tri Ratnasari, SE., MSi and Ari Prasetyo, SE., MSi and Fatin Fadhilah Hasib, SE., MSi (2013) PEMASARAN INTERNAL DAN KINERJA PELAYANAN KESEHATAN MELALUI KOMITMEN PEGAWAI PADA PENGELOLAAN JASA PUSKESMAS DI SURABAYA. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-ratnasarir-32928-3.ringk-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-ratnasarir-32928-16full-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemasaran internal dan komitmen pegawai terhadap kinerja pelayanan. Penelitian ini sangat penting dilakukan karena penerapan pemasaran internal sangat perlu dilakukan oleh seorang kepala puskesmas agar pegawainya mampu memberikan layanan kesehatan secara baik kepada para pasiennya. Penelitian ini mengacu pada hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Chang dan Chang (2008), Abzari dkk (2011), dan Shekary dkk (2012) bahwa pemasaran internal yang diterapkan secara baik dalam industri jasa akan memberikan dampak luar biasa bagi kemajuan perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif survei kepada pegawai puskesmas fungsional dan struktural yang telah bekerja minimal satu tahun di lima wilayah bagian Surabaya. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, komunikasi, dan pelatihan sebagai bagian dari pemasaran internal berpengaruh terhadap komitmen pegawai puskesmas. Sedangkan teknologi sebagai bagian dari pemasaran internal tidak berpengaruh terhadap komitmen pegawai untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien puskesmas. Komitmen pegawai berpengaruh terhadap hasil pekerjaan, kecepatan kerja, dan ketepatan waktu sebagai salah satu bentuk kinerja pelayanan kesehatan puskesmas. Namun komitmen pegawai tidak berpengaruh terhadap kesesuaian pekerjaan dengan harapan pasien sebagai salah satu bentuk kinerja pelayanan kesehatan puskesmas.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP. 06-14 Rat p
Uncontrolled Keywords: pemasaran internal, komitmen pegawai, dan kinerja pelayanan kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Ririn Tri Ratnasari, SE., MSiUNSPECIFIED
Ari Prasetyo, SE., MSiUNSPECIFIED
Fatin Fadhilah Hasib, SE., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 21 Oct 2016 22:47
Last Modified: 15 Jun 2017 18:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42429
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item