Strategi Pengendalian Penyakit Malaria Dengan Mengaplikasikan Kontrol Optimal

Fatmawati, Dr., M.Si and Hengki Tasman, Dr., M.Si and Ahmadin, S.Si., M.Si (2013) Strategi Pengendalian Penyakit Malaria Dengan Mengaplikasikan Kontrol Optimal. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-fatmawati-33047-3.ringka-n.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-fatmawati-33047-16full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium spp. Parasit ini ditrans- misikan dari satu manusia ke manusia oleh nyamuk betina Anopheles spp. yang ter- infeksi Plasmodium spp. Penyakit malaria telah menjadi masalah utama kesehatan dunia, termasuk juga di Indonesia. Salah satu masalah yang muncul dalam penanggulangan penyakit malaria adalah tingginya biaya yang diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit malaria. Hingga saat ini, vaksin terhadap malaria masih dalam tahap laboratorium, resistansi Plasmo- dium spp. terhadap beberapa obat anti malaria telah muncul, sedangkan penemuan obat anti malaria yang baru masih berjalan lambat. Bahkan beberapa spesies nyamuk Anopheles spp. telah resistans terhadap insektisida. Dari sini, perlu dipikirkan cara yang paling efektif untuk menanggulangi penyebaran penyakit malaria, salah satunya adalah dengan pemodelan matematika dan strategi kontrol optimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menentukan strategi yang optimal untuk meminimalkan jumlah individu yang terinfeksi malaria dengan mem- perhatikan resistensi terhadap obat anti-malaria melalui pengobatan massal dan in- sektisida. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian tahun 2012 yang telah berhasil memformulasikan model matematika tentang penyebaran penyakit malaria dalam populasi. Hasil penelitian pada tahun 2012 telah diterbitkan di Jurnal Interna- sional yakni pada jurnal Applied Mathematical Sciences (Vol. 7, No. 68, 3379-3391, 2013) dengan judul "A malaria model with controls on mass treatment and insecti- cide". Pada penelitian tahun 2012 tersebut, faktor resistensi terhadap obat belum dikaji. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan model matematika penye- baran penyakit malaria dengan memperhatikan faktor resistensi parasit Plasmodium spp. terhadap obat anti-malaria. Ada dua tahapan untuk mengkaji model matematika penyebaran penyakit malaria, yaitu model tanpa kontrol optimal dan dengan penerapan kontrol optimal berupa pe- ngobatan massal dan insektisida. Dari model tanpa kontrol diperoleh dua besaran basic reproduction ratio yakni R0s dan R0r yang masing-masing berkaitan dengan strain sen- sitif dan strain resisten dari infeksi malaria. Rasio ini menyatakan banyaknya kasus sekunder yang terjadi akibat kasus pertama selama masa menularnya di dalam pop- ulasi yang sehat. Rasio tersebut menentukan eksistensi dan kestabilan titik ekuilib- rium, yakni titik ekuilibrium bebas penyakit dan dua titik ekuilibrium endemik. Jika R0s;R0r kurang dari satu, maka penyakit malaria dapat dieliminasi dari populasi. Berdasarkan simulasi numerik dengan mengaplikasikan strategi kontrol optimal dapat disimpulkan bahwa kombinasi pengobatan massal dan insektisida sangat efektif untuk mengeradikasi penyakit malaria dengan faktor resistensi terhadap obat anti-malaria.

Item Type: Other
Additional Information: KKC. KK. LP. 62 - 14 Fat s
Uncontrolled Keywords: Malaria, Kontrol Optimal
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF781-809 Communicable diseases of animals (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Fatmawati, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Hengki Tasman, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Ahmadin, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 26 Oct 2016 21:43
Last Modified: 26 Oct 2016 21:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42482
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item