Pemanfaatan Tanaman Gulma Sebagai Biofilter Pada Pengolahan Limbah Cair Secara Anaerob

Hery Purnobasuki, Drs., M.Si., Ph.D and Tri Nurhariyati, S.Si., M.Kes., and Nur Indradewi Oktavitri, S.T., M.T (2013) Pemanfaatan Tanaman Gulma Sebagai Biofilter Pada Pengolahan Limbah Cair Secara Anaerob. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-purnobasuk-33048-3.ringka-n.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-purnobasuk-33048-18full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tanaman memiliki kandungan bahan organik yang tinggi yang dapat membantu pertumbuhan bakteri pendegradasi limbah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemanfaatan bahan organik pada tanaman gulma, khususnya alang-alang (Imperata cylindrical) dan eceng gondok (Eichhornia crassipes) sebagai biofilter pada pengolahan air limbah secara anaerob. Alang-alang dan eceng gondok direndam dengan air limbah berbahan organik tinggi (misal air limbah industri tahu) untuk mengetahui kemampuan degradasi secara batch. Penelitian ini dilakukan selama 2 tahun. Pada tahun 1 bertujuan untuk mendapatkan spesifikasi media berupa jenis media, ukuran media, peletakan media. Pengolahan ini dilakukan dengan variasi jenis media yaitu batang alang-alang dan enceng gondok, ukuran media 1 dan 2 cm, serta peletakan media dalam reaktor selama kurun waktu 7 dan 21 hari. Reaktor yang digunakan adalah reaktor anaerob dengan volume 1 liter dengan ketinggian media 30% volume reaktor. Parameter yang dijadikan acuan untuk kemampuan eceng gondok dan alang alang dalam penyisihan bahan organik adalah COD dan TSS serta volume biogas. Sedangkan pada tahun ke 2, dilakukan uji kemampuan biofilter pada proses kontinyu (bersinambung) selama 42 hari dengan membandingkan kinerja reaktor dengan jenis media anorganik (PVC), menguji kemampuan reaktor dengan beban organik yang berbeda, serta waktu hidrolik yang berbeda. Hasil dari Tahun ke-1 adalah media eceng gondok dengan ukuran 1 cm yang dikombinasikan dengan kerikil agar penempatan media dapat didasar reaktor.

Item Type: Other
Additional Information: KKC. KK. LP. 63 - 14 Pur p
Uncontrolled Keywords: Tanaman Gulma, Biofilter, Pengolahan Limbah Cair, Anaerob
Subjects: Q Science > QK Botany > QK1-989 Botany
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD1-1066 Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Hery Purnobasuki, Drs., M.Si., Ph.DUNSPECIFIED
Tri Nurhariyati, S.Si., M.Kes.,UNSPECIFIED
Nur Indradewi Oktavitri, S.T., M.TUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 26 Oct 2016 21:44
Last Modified: 26 Oct 2016 21:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42483
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item